Kompas TV internasional kompas dunia

Raja Yordania Abdullah II Kecam Israel Yang Tidak Vaksinasi Rakyat Palestina di Wilayah Pendudukan

Jumat, 29 Januari 2021 | 07:21 WIB
raja-yordania-abdullah-ii-kecam-israel-yang-tidak-vaksinasi-rakyat-palestina-di-wilayah-pendudukan
Raja Yordania Abdullah II dan Putra Mahkota Hussein tiba untuk pembukaan sesi keempat parlemen saat ini di Amman Istana Kerajaan Yordania. Raja Yordania Abdullah II kecam Israel, "Anda tidak dapat memvaksinasi satu bagian dari masyarakat Anda sementara yang lain tidak," (Sumber: AFP)

RAMALLAH, KOMPAS.TV - Raja Yordania Abdullah II kecam Israel, pada Kamis (28/01/2021) dan mengatakan kegagalan Israel melakukan vaksinasi Covid-19 bagi rakyat Palestina yang berada di bawah pendudukan mereka di Tepi Barat dan di Jalur Gaza adalah suatu hal yang kontraproduktif bagi negara Yahudi itu, demikian dilansir AFP, Jum'at (29/01/2021)

"Israel telah meluncurkan vaksin dengan sangat sukses namun tidak dengan Palestina," ujar Abdullah dikutip AFP pada Forum Ekonomi Dunia tahunan di Davos, Swiss.

"Anda tidak dapat memvaksinasi satu bagian dari masyarakat Anda sementara yang lain tidak dan berpikir bahwa Anda akan aman," katanya melalui konferensi video. "Itu adalah pelajaran nomor satu yang diajarkan Covid-19 kepada kita." tegas Raja Abdullah II.

Baca Juga: Untuk Pengungsi Suriah di Yordania, Vaksin Covid-19 Adalah Anugerah dari Tuhan

Israel telah meluncurkan program vaksinasi satu bulan lalu. Sejak itu, hampir 2,8 juta dari sembilan juta penduduknya telah menerima suntikan pertama, dengan setengah dari jumlah itu sudah mendapatkan dosis kedua juga.

Meskipun pemukim Yahudi di Tepi Barat yang diduduki mendapat suntikan pertama vaksin Covid-19, tetapi tidak untuk warga Palestina.

Tindakan itu kontan memicu kritik tajam dari berbagai kelompok hak asasi manusia dan Palestina sendiri.

Awal bulan ini, Organisasi Pembebasan Palestina mendesak komunitas internasional "untuk meminta pertanggungjawaban Israel" dan memastikan bahwa mereka memberikan vaksin kepada semua warga Palestina yang tinggal di bawah pendudukan Israel.

Baca Juga: Yordania Tegaskan Bakal Jaga Masjid Al-Aqsa dari Pemaksaan Israel

Abdullah II mengatakan hari Kamis (28/01/2021) virus Corona "tidak peduli dengan perbatasan, orang kaya atau orang miskin atau siapa pun," seraya melanjutkan desakannya, “Kita harus melihat fungsi dan tantangan yang ada di depan kita, untuk dapat saling berkomunikasi dan menyadari bahwa kita adalah satu dunia, satu desa kecil,” kata Raja Yordania itu.

Sekitar 2,8 juta orang Palestina hidup di bawah pendudukan Israel di Tepi Barat sementara dua juta orang terkepung di Jalur Gaza yang miskin dan diblokade oleh Israel.

Penulis : Edwin Shri Bimo

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Film

Daftar Lengkap Pemenang Emmy Awards 2021

Senin, 20 September 2021 | 13:11 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
13:15
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19