Kompas TV regional berita daerah

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Terjauh Sejak Kenaikan Status Siaga

Rabu, 27 Januari 2021 | 16:16 WIB
gunung-merapi-luncurkan-awan-panas-terjauh-sejak-kenaikan-status-siaga
Rentetan guguran lava dan luncuran awan panas Merapi terjadi sepanjang Rabu (27/1/2021). (Sumber: Tribunjogja/Setya Krisna Sumarga)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Setelah 22 kali mengeluarkan guguran awan panas pada Rabu (27/1/2021) pukul 06.00 sampai 12.00 WIB, Gunung Merapi kembali erupsi mengeluarkan guguran awan panas pada pukul 12.53 WIB dan 13.32 WIB.  

Kali ini, erupsi berupa guguran awan panas Gunung Merapi yang memiliki estimasi jarak luncur terjauh semenjak ditetapkan status Siaga pada 5 November 2020.

Posko Tanggap Darurat Bencana Gunung Merapi melaporkan awan panas guguran yang terjadi pada pukul 12.53 WIB, memiliki amplitudo 55 milimeter berdurasi 217,8 detik dan tinggi kolom tak teramati berkabut dengan estimasasi jarak luncur dua kilometer ke arah barat daya hulu Kali Krasak Boyong.

Demikian pula dengan guguran awan panas Gunung Merapi yang terjadi pada pukul 13.32 WIB. Estimasi jarak luncurnya sama dengan amplitudo lebih besar yakni 70 milimeter berdurasi 240 detik.

Baca Juga: Gunung Merapi Kembali Erupsi Disertai Guguran Awan Panas

Luncuran awan panas erupsi Gunung Merapi terbanyak sejak berstatus siaga ini membuat warga Turgo Purwobinangun Pakem dievakuasi ke titik Kumpul di SD Sanjaya dan Lapangan Tritis.

Selain itu, armada dan sumber daya Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi terkait serta relawan dikerahkan untuk membantu proses evakuasi. Barak pengungsi Purwobinangun di Watuadeg Purwobinangun Pakem disiapkan.

Penulis : Switzy Sabandar




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:13
MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY: KEMISKINAN DI TANAH AIR HARUS SEGERA DITANGANI UNTUK ATASI MASALAH "STUNTING"   KEMENTERIAN PPPA SEBUT PENURUNAN ANGKA "STUNTING" MENCEGAH TERJADINYA PERKAWINAN ANAK   WAPRES MA'RUF AMIN MINTA PEMPROV JAWA TIMUR SEGERA PENUHI FASILITAS YANG DIBUTUHKAN DI KAWASAN INDUSTRI HALAL   WAPRES MA'RUF AMIN BERHARAP PEMPROV JAWA TIMUR AKTIF MEMPROMOSIKAN KAWASAN INDUSTRI HALAL DI SIDOARJO   INDONESIA DAN SINGAPURA MEMBANGUN KAWASAN EKONOMI DIGITAL DAN TEKNOLOGI DI BATAM   KPK SELIDIKI KASUS DUGAAN SUAP TERKAIT PAJAK DI DJP KEMENKEU YANG DIDUGA CAPAI PULUHAN MILIAR RUPIAH   KEJAGUNG PERIKSA TIGA SAKSI ATAS KASUS DUGAAN KORUPSI PENGELOLAAN KEUANGAN & DANA INVESTASI DI BPJS KETENAGAKERJAAN   KPK SEBUT PENGGANTI POSISI DEWAN PENGAWAS YANG DITINGGALKAN ARTIDJO ALKOSTAR AKAN DITENTUKAN PRESIDEN JOKOWI   KEJAKSAAN AGUNG PERIKSA TUJUH ORANG SAKSI TERKAIT PERKARA DUGAAN KORUPSI DI PT ASABRI   HARI INI, MENKES BUDI GUNADI SADIKIN MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 BAGI ULAMA, PIMPINAN, DAN PENGURUS MUI   SATGAS: SAAT INI SEJUMLAH DAERAH DI PULAU JAWA DAN BALI SEDANG MELAKUKAN PROSES INTEGRASI DATA COVID-19   SATGAS COVID-19 AKAN EVALUASI DAN PANTAU PENJAGAAN DI PINTU MASUK INDONESIA, MENYUSUL MUTASI VIRUS KORONA B.1.1.7   HINGGA 3 MARET 2021, PASIEN COVID-19 DI RUMAH SAKIT WISMA ATLET KEMAYORAN MENCAPAI 4.621 ORANG   DINKES DKI SEBUT HINGGA SAAT INI, 63 PERSEN TEMPAT TIDUR ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAKARTA TELAH TERISI