Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Tiga Kiat Sandiaga Uno untuk Bangkitkan Pariwisata Indonesia: Gercep, Geber, Gaspol

Kompas.tv - 26 Januari 2021, 18:01 WIB
tiga-kiat-sandiaga-uno-untuk-bangkitkan-pariwisata-indonesia-gercep-geber-gaspol
Menparekraf Sandiaga Uno saat memimpin rapat virtual bersama seluruh Kepala Dinas Pariwisata dari 34 provinsi di Indonesia, Sabtu (26/12/2020). (Sumber: Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
Penulis : Rizky L Pratama

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak sejak mewabahnya pandemi Covid-19 di Indonesia.

Maka dari itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mencanangkan beberapa program kerja guna membangkitkan industri pariwisata dari keterpurukan.

Baca Juga: Sandiaga Uno Pastikan Akan Berkantor di Bali Sebulan Sekali

"Makanya kita harus Gercep, Geber dan Gaspol, tak ada jalan lain selain ikut upaya penerapan Cleanliness, Healthy, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) atau K4 dalam setiap aspek wisata ekonomi parekraf," ujarnya saat jumpa pers virtual: Inovasi Berbasis Teknologi dan Prediksi Tren Perjalanan Traveloka 2021 yang disiarkan secara virtual, Selasa (26/1/2021).

Menurutnya, "Gercep" adalah bergerak dengan cepat dan "Geber" adalah bergerak bersama-sama memanfaatkan semua potensi untuk membangkitkan dan mempertahankan industri pariwisata.

Sementara "Gaspol", kata Sandiaga, adalah menggarap semua potensi lapangan kerja yang ada.

Meski begitu, Sandiaga juga menyadari betul bahwa perlu adanya pemulihan yang seimbang antara kesehatan dan persiapan bangkitnya ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sandiaga mengatakan sudah memiliki strategi yang akan dia lakukan yaitu dengan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

Baca Juga: Begini Tanggapan Sandiaga Uno Soal Bule yang Ajak WNA Pindah ke Bali di Masa Pandemi

Dia menjelaskan akan melakukan pendekatan big data untuk memetakan potensi dan menguatkan berbagai aspek pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Inovasi juga akan menjadi dasar bagi pengembangan destinasi super prioritas dalam satu tahun yang meliputi kuliner, busana, tarian, hingga infrastruktur," ucap Sandiaga.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x