Kompas TV nasional peristiwa

Selama 2020 Warga Rela Keluar Biaya Kesehatan untuk Bekam, Detox Sampai Futsal

Kompas.tv - 25 Januari 2021, 07:23 WIB
selama-2020-warga-rela-keluar-biaya-kesehatan-untuk-bekam-detox-sampai-futsal
Praktek bekam termasuk bagian dari pemeliharaan kesehatan warga (sumber:Tribunnews)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Selama tahun 2020 atau saat pandemi Covid-19 berlangsung, Badan Pusat Statistik (BPS)  meriset biaya pengeluaran masyarakat dalam bidang kesehatan. Riset tersebut tertuang dalam publikasi tahunan "Profil Kesehatan Ibu dan Anak 2020", yang dikeluarkan pada 31 Desember 2020 lalu. 

"Publikasi tahunan itu ditujukan  untuk memenuhi kebutuhan data dan informasi seputar bidang kesehatan, terutama kesehatan ibu dan anak," demikian Kepala BPS Suharyanto dalam pengantar publikasi ini.

Selama tahun 2020, masyarakat Indonesia mengeluarkan biaya untuk  pencegahan/preventif dengan rata-rata pengeluaran per kapita sebulan tertinggi.  

Baca Juga: Survei BPS: 17 Persen Masyarakat Merasa Tak Akan Terpapar Corona


Dalam survei tahunan tersebut disebutkan, "kegiatan yang termasuk upaya pemeliharaan kesehatan lainnya antara lain fitness, bekam, detox, yoga, futsal, senam kebugaran, pembelian vitamin, pembelian jamu untuk menjaga kesehatan, dan lain sebagainya". 

Berbagai kegiatan yang melibatkan aktivitas fisik maupun konsumsi vitamin dan jamu ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga memperkecil peluang terpapar penyakit.


Biaya pemeliharaaan kesehatan seperti  fitness, bekam, detox, yoga, futsal, senam        
kebugaran, vitamin, jamu untuk menjaga kesehatan menempati posisi 38,17 persen dari total biaya pemeliharaan kesehatan.  Jika dirupiahkan, pengeluaran rata-rata sebanyak  Rp1,89 juta rupiah per bulan.

Baca Juga: Survei BPS: Masyarakat Kota Kurang Suka Alat KB Dibandingkan Pedesaan

Sementara  untuk imunisasi menempati urutan kedua yaitu 23,48 persen atau setara dengan kurang lebih Rp1,163 juta per bulan.

Kemudian biaya terbesar lain adalah untuk Keluarga Berencana (Alat/Cara Kontrasepsi dan konsultasi) sebesar 20, 20 persen atau rata-rata pengeluaran sebesar Rp    1 juta

Selanjutnya biaya periksa kehamilan sebanyak 11,48 persen dengan pengeluaran rata-rata sebesar Rp 568 ribu.

Dan terakhir adalah biaya untuk test kesehatan dini/medical check up, yang berada pada posisi 6,68 persen dengan rata-rata pengeluaran sebesar Rp 331 ribu.


Namun, nominal  pengeluaran per kapita sebulan untuk pelayanan pengobatan/kuratif yang dikeluarkan penduduk hampir lima kali lipat dibandingkan dengan nominal yang dikeluarkan untuk memperoleh pelayanan pencegahan/preventif. 

"Hal ini secara tidak langsung menggambarkan perilaku masyarakat Indonesia yang lebih suka melakukan upaya kesehatan setelah terpapar penyakit dibandingkan melakukan upaya pencegahan," papar publikasi tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x