Kompas TV nasional peristiwa

Selain Curah Hujan Tinggi, Ini Penyebab Banjir di Kalsel dari Hasil Penyelidikan Bareskrim Polri

Kompas.tv - 24 Januari 2021, 23:11 WIB
selain-curah-hujan-tinggi-ini-penyebab-banjir-di-kalsel-dari-hasil-penyelidikan-bareskrim-polri
Rumah-rumah warga di Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimatan Selatan tampak terendam banjir, Sabtu (16/1/2021) (Sumber: bnpb.go.id)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Tim dari Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri telah rampung menyelidiki penyebab banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divhumas Polri, Brigjen Rusdi Hartono, mengatakan pihak Bareskrim Polri telah merampungkan penyelidikan.

Baca Juga: Kopaska Berenang Terjang Banjir Kalsel Demi Antar Bantuan

Adapun hasilnya, dalam penyelidikan tersebut berhasil ditarik kesimpulan bahwa penyebab utama banjir di Kalimantan Selatan akibat curah hujan yang tinggi.

“Bareskrim sudah turun tim, ternyata memang kenapa banjirnya itu karena memang faktor curah hujan saat itu sangat tinggi dari BMKG di sana," kata Brigjen Rusdi seperti dikutip dari Tribrata News Polri pada Minggu (24/1/2021).

Selain curah hujan yang tinggi, penyebab lain banjir di Kalsel karena pada saat bersamaan gelombang laut pasang tengah tinggi mencapai 2,5 meter.

Baca Juga: Korban Banjir di Kalsel Masih Krisis Air Bersih

“Memang pada saat itu tinggi gelombang sangat tinggi antara dua sampai dua setengah meter, sehingga itu berpengaruh terhadap arus balik ke daratan. Ini sementara hasil turun lapangan dari Bareskrim," kata Rusdi.

Lebih lanjut, Rusdi menuturkan, sejauh ini pihaknya belum memutuskan langkah selanjutnya seperti memeriksa dinas terkait terkait banjir tersebut.

Sejauh ini, kata Karo Penmas Polri, pihaknya masih mengumpulkan sejumlah informasi untuk menentukan penyebab banjir tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x