Kompas TV klik360 cerita indonesia

PT KAI Akan Gunakan GeNose Buatan UGM untuk Deteksi Covid-19 di Stasiun

Minggu, 24 Januari 2021 | 16:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (Persero) rencananya akan segera memasang alat pendekteksi Covid-19 buatan UGM bernama GeNose C19 di stasiun kereta.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, langkah tersebut merupakan bentuk dukungan perseroan terhadap karya anak bangsa.

“Kami menyambut baik inovasi yang dihadirkan oleh anak bangsa dalam rangka menghadirkan layanan deteksi Covid-19 yang cepat, murah, dan akurat,” ujar Joni melalui siaran pers, Minggu (24/1/2021).

Menurut Joni, PT KAI saat ini tengah menunggu regulasi pemerintah mengenai penggunaan GeNose untuk transportasi.

"Saat ini KAI masih menunggu regulasi lebih lanjut dari pemerintah terkait penggunaan GeNose C19 tersebut pada moda transportasi umum," kata dia.

Ia pun menjelaskan, GeNose C19 adalah alat pendeteksi virus corona yang dikembangkan para peneliti di Universitas Gajah Mada dan sudah mendapatkan Izin Edar dari Kementerian Kesehatan.

Adapun pengambilan sampel dari GeNose C19 berupa embusan napas dan hasil tes dapat langsung diketahui hanya dalam waktu 3 menit.

Tarifnya pun diperkirakan berkisar di Rp 20.000 untuk satu kali tes dengan akurasi di atas 90 persen.

“Penggunaan GeNose C19 pada transportasi kereta api merupakan kebanggaan tersendiri bagi KAI, karena dapat menjadi salah satu yang pertama menerapkan inovasi tersebut," ucap Joni. 

Baca Juga: Mulai 5 Februari 2021, Genose Siap Digunakan di Seluruh Indonesia untuk Deteksi Virus Corona

Penulis : Laura Elvina


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:54
SEBANYAK 17 ORANG TEWAS DALAM SERANGAN UDARA DI SURIAH YANG DIPERINTAHKAN OLEH PRESIDEN AS JOE BIDEN   PRESIDEN AS JOE BIDEN PIMPIN OPERASI MILITER YANG MENYASAR KELOMPOK PRO-IRAN DI PERBATASAN SURIAH DAN IRAK   LEBIH DARI 30 ASBAK ROKOK DI RUANG KERJA ASN KULON PROGO, DIY, DISITA DALAM PENEGAKKAN PERDA KAWASAN TANPA ROKOK   SEBANYAK 125 RUMAH DI KOTA TEGAL RUSAK AKIBAT DITERJANG PUTING BELIUNG   ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19, PEMKOT SEMARANG MENIADAKAN PESTA RAKYAT DI PELATINKAN WALI KOTA SEMARANG TERPILIH   SISTEM TILANG ELEKTRONIK (ETLE) SEGERA DITERAPKAN DI KOTA PANGKALPINANG, KEPULAUAN BANGKA BELITUNG   BUPATI SERANG DAN WALI KOTA CILEGON TERPILIH DALAM PILKADA 2020 DILANTIK OLEH GUBERNUR BANTEN WAHIDIN HALIM   KANTOR WALI KOTA JAKARTA PUSAT DITUTUP SEMENTARA HINGGA AKHIR FEBRUARI 2021 SETELAH 3 ASN POSITIF COVID-19   DISPARBUD GARUT SEBUT PEMANGKASAN CUTI BERSAMA 2021 PENGARUHI PENDAPATAN MASYARAKAT   WAPRES MA'RUF AMIN BERHARAP VAKSINASI COVID-19 BAGI ATLET BISA MEMOTIVASI MASYARAKAT UNTUK TIDAK TAKUT DIVAKSIN   SATGAS COVID-19: PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN JADI UPAYA PENCEGAHAN VIRUS YANG PALING EFEKTIF HINGGA SAAT INI   SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT TAK HENTI TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   PRESIDEN JOKOWI MINTA AGAR TOL LANGIT PALAPA RING TERSAMBUNG HINGGA RUMAH WARGA   PRESIDEN JOKOWI SEBUT UTILITAS INFRASTRUKTUR TOL LANGIT PALAPA RING BARU MENCAPAI 50%