Kompas TV regional berita daerah

Sultan HB X Pasrah Pemerintah Pusat Perpanjang Masa PSBB

Kompas.tv - 22 Januari 2021, 20:27 WIB
sultan-hb-x-pasrah-pemerintah-pusat-perpanjang-masa-psbb
Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan HB X pasrah jika PTKM atau PSBB kembali diperpanjang (Sumber: KOMPAS.com/Teuku Muh Guci S)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Gubernur DIY Sultan HB X mengaku pasrah jika pemerintah pusat memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau Pengetatatan secara Terbatas Kegiatan Sosial Masyarakat (PTKM) di Yogyakarta.

“Kalau pusat perpanjang (PTKM) tidak ada pilihan Yogyakarta juga perpanjang,” kata Sri Sultan HB X kepada wartawan di Yogyakarta. Jumat (22/01/2021).

Perpanjangan PSBB atau PTKM di Yogyakarta merespon kasus positif Covid-19 yang tidak menunjukan perubahan dalam kurun waktu dua pekan terakhir. Bahkan, sudah dua hari berturut-turut DIY kembali pecah rekor penambahan lebih dari 450 kasus per hari. Total kasus Covid-19 menjadi 18.736 per Jumat (22/01/2021). 

“Bagi saya pemeritah pusat wajar saja kalau memperpanjang PTKM karena tidak ada perubahan (pengiriman kasus Covid-19),” ucapnya.

Baca Juga: Rumah Sakit di DIY Penuh, Ini Solusi dari Sultan HB X

Sultan HB X mengingatkan kembali agar masyarakat tidak goyah dalam kondisi yang pelik ini. Apalagi sampai mengabaikan protokol kesehatan Covid-19 seperti tidak mencuci tangan, tidak jaga jarak, dan tidak memakai masker. 

Saat ini, penularan Covid-19 sudah bukan lagi soal siapa yang pergi ke luar daerah. Sebab, tren penyebarannya bergeser ke klaster keluarga. 

Oleh karena itu, Sultan HB X meminta masyarakat membatasi diri seperti tidak banyak berinteraksi dengan tetangganya dan mengurangi aktivitas berkumpul antara tetangga jika tidak penting. 

“Kalau pada bisa jaga diri, saya yakin angka penularannya turun,” kata Sultan HB X.

Baca Juga: Sultan HB X Tidak Masuk dalam Daftar Penerima Vaksin Sinovac di DIY, Mengapa?



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x