Kompas TV klik360 cerita indonesia

Vaksinasi Covid-19 Harus Dilakukan 2x, Ini Alasannya

Jumat, 22 Januari 2021 | 20:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi memastikan proses pemberian vaksin harus dilakukan sebanyak dua kali.

Menurutnya, sistem kekebalan tubuh atau umun membutuhkan waktu lewat paparan yang lama.

Hal ini disampaikan saat memberikan keterangan pers melalui akun Youtube Sekretariat Presiden (22/1).

“Vaksinasi covid-19 membutuhkan dua kali dosis penyuntikan. Sebab, sistem imun perlu waktu lewat paparan yang lebih lama, untuk bisa mengetahui bagaimana cara efektif untuk melawan virus tersebut. Hal ini memicu respons antibodi yang lebih cepat, dan lebih efektif di masa yang akan datang.”, ungkap Nadia saat memberikan keterangan pers (22/1). 

Baca Juga: 132 Ribu Lebih Tenaga Kesehatan Sudah Divaksinasi

Sementara itu, suntikan kedua dibutuhkan untuk membentuk antibodi secara optimal setelah suntikan yang pertama.

“Suntikan yang kedua berfungsi sebagai booster untuk membentuk antibodi sescara optimal. Dan imunitas ini baru akan terbentuk secara baik, setelah 3 minggu suntikan kedua”, paparnya.

Meski sudah divaksinasi, ia menekankan seseorang masih bisa terinfeksi Covid-19.

“Untuk itu, perlu dipahami bersama, meskipun kita sudah divaksinasi Covid-19, masih ada risiko terpapar virus Covid-19. Namun tentunya, vaksin ini akan dapat mengurangi sakit berat”, tambahnya.

Penulis : Abdur Rahim


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:23
GUNUNG API SINABUNG DI SUMUT KEMBALI TUNJUKKAN AKTIVITAS TINGGI, WARGA DIIMBAU TAK MEMASUKI ZONA MERAH   STOK BERKURANG AKIBAT MUSIM HUJAN, HARGA CABAI DI MALANG, JAWA TIMUR, NAIK DARI RP 90.000 MENJADI RP 12.000 PER KG   KORBAN KERACUNAN MASSAL YANG DIDUGA DARI NASI BOKS SAAT ACARA PENGAJIAN DI SUKABUMI BERTAMBAH MENJADI 54 ORANG   VAKSIN YANG TIBA DI BANDARA SOEKARNO-HATTA HARI INI BERJUMLAH 10 JUTA DOSIS VAKSIN SINOVAC ASAL TIONGKOK   SIANG INI, INDONESIA KEMBALI KEDATANGAN VAKSIN COVID-19 TAHAP KELIMA MELALUI BANDARA SOEKARNO-HATTA   PEMKOT TANGERANG SELATAN SEDIAKAN 700 DOSIS VAKSIN BAGI PESERTA YANG SUDAH TERDAFTAR DI AULA BALAI KOTA   HARI INI MERUPAKAN HARI PERTAMA PEMKOT TANGERANG SELATAN, BANTEN, LAKUKAN VAKSINASI TAHAP KEDUA    IZINKAN SISWA BELAJAR TATAP MUKA DI TENGAH PANDEMI, WALI KOTA MOJOKERTO BATASI JUMLAH SISWA MAKSIMAL 50 PERSEN   LEBIH DARI 20.000 SISWA SD DAN SMP DI PEMKOT MOJOKERTO SUDAH DIIZINKAN BELAJAR TATAP MUKA DI TENGAH PANDEMI COVID-19   800 PETAK MAKAM DI LAHAN TAMBAHAN YANG DIBUKA DI TPU BAMBU APUS, CIPAYUNG, JAKTIM, SUDAH HABIS TERPAKAI   SETAHUN PANDEMI, PEMKOT MALANG SECARA TOTAL TELAH MEMAKAMKAN 1.063 JENAZAH PASIEN COVID-19   SETAHUN DILANDA PANDEMI, SUDAH 36.325 ORANG RAKYAT INDONESIA MENINGGAL DUNIA AKIBAT COVID-19   HARI INI, TEPAT SATU TAHUN PEMERINTAH UMUMKAN KASUS PERTAMA COVID-19 DI INDONESIA   TIM DENSUS 88 ANTITEROR POLRI KEMBALI MENANGKAP SEORANG TERDUGA TERORIS DI SURABAYA, JATIM