Kompas TV regional berita daerah

Aktivitas Bupati Sleman Sri Purnomo Sebelum Positif Covid-19

Kompas.tv - 22 Januari 2021, 08:34 WIB
aktivitas-bupati-sleman-sri-purnomo-sebelum-positif-covid-19
Bupati Sleman Sri Purnomo positif Covid-19 (Sumber: KOMPAS.com/WIJAYA KUSUMA)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Bupati Sleman Sri Purnomo mengumumkan dirinya positif Covid-19, Kamis (21/1/2021).  Saat ini, Bupati Sleman memilih untuk isolasi mandiri di rumahnya.

“Saya cuma bisa menduga-duga tertular dari mana, tetapi saya juga tidak tahu pasti,” ujar Bupati Sleman Sri Purnomo.

Sebelum swab PCR menunjukkan hasil positif, dalam satu pekan terakhir terdapat sejumlah aktivitas dan acara yang dilakukan oleh Bupati Sleman Sri Purnomo.

1. Pada Kamis, 14 Januari 2020, Bupati Sleman Sri Purnomo mengikuti vaksinasi perdana Covid-19 di Puskesmas Ngemplak 2.

“Vaksin hanya mendorong pembentukan kekebalan spesifik pada penyakit Covid-19 agar terhindar dari tertular maupun kemungkinan sakit berat, apalagi vaksin Covid-19 harus dilakukan dua kali dan saya baru sekali,” ucap Bupati Sleman Sri Purnomo.

Baca Juga: Sempat Divaksin, Bupati Sleman Sri Purnomo Positif Covid-19

2. Pada Minggu, 17 Januari 2021, Bupati Sleman Sri Purnomo masih berolahraga dengan lari pagi 10 kilometer.

3. Pada Senin, 18 Januari 2021, Bupati Sleman menghadiri kegiatan Menteri Kelautan dan Perikanan Saktu Wahyu Trenggono di Embung Gadingan, Sinduharjo, Ngaglik.

Sewaktu acara, Bupati Sleman tidak bisa menolak permintaan orang untuk berswafoto. Setelah itu, ia merasa hidungnya gatal seperti akan flu.

4. Pada Selasa, 19 Januari 2021, Bupati Sleman merasakan sendinya mulai sakit. Namun, ia tetap berolahraga jalan kaki sejauh 1,5 kilometer. Setelah itu, ia mengikuti pemasangan perdana patok proyek tol Yogya-Bawen di Kapanewon Tempel.

Baca Juga: Penjelasan Dinas Kesehatan Soal Bupati Sleman Sri Purnomo Positif Covid-19 Pasca Divaksin

Pada Selasa malam, ia batuk dan suhu badannya 37,6 derajat Celsius. Anak-anak Bupati Sleman pun menyarankan untuk melakukan tes Covid-19.

5. Pada Rabu, 20 Januari 2021, Bupati Sleman menjalani tes swab antigen. Hasilnya, positif Covid-19. Ia pun melanjutkan dengan tes PCR.

6. Pada Kamis, 21 Januari 2021, hasil tes PCR keluar dan menyatakan Bupati Sleman positif Covid-19. Ia juga sempat ke rumah sakit untuk melakukan rontgen thorax dan CT scan thorax. Hasilnya, paru-parunya bersih.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x