Kompas TV nasional berita utama

Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo Bakal Hidupkan Lagi Pam Swakarsa, Ini Kata Jogja Police Watch

Kompas.tv - 21 Januari 2021, 10:15 WIB
calon-kapolri-listyo-sigit-prabowo-bakal-hidupkan-lagi-pam-swakarsa-ini-kata-jogja-police-watch
Calon tunggal kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo saat mengikuti uji kepatutan dan kelayakan dengan Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021) (Sumber: Dok. Divisi Humas Polri via Kompas.com)
Penulis : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Listyo Sigit Prabowo tinggal menunggu pengesahan DPR serta pelantikan untuk menjadi Kapolri usai lolos fit and proper test di depan Komisi III pada Rabu (20/1/2021). Jogja Police Watch (JPW) pun angkat bicara soal rencana mantan Kapolresta Solo tahun 2011 itu yang akan menghidupkan lagi Pasukan Pengamanan Masyarakat atau Pam Swakarsa. 

Menurut Listyo Sigit Prabowo, pelibatan Pam Swakarsa dalam rangka mewujudkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Nantinya Pam Swakarsa ini akan diintergrasikan dengan perkembangan teknologi informasi dan fasilitas-fasilitas yang ada di Polri termasuk terkoneksi dengan petugas-petugas kepolisian.

Sebenarnya rencana menghidupkan kembali Pam Swakarsa pernah dicanangkan oleh Kapolri saat ini Jenderal Polisi Idham Azis, melalui Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa atau Pam Swakarsa. 

Baca Juga: Selangkah Jadi Kapolri, Komjen Listyo Sigit Akan Ditetapkan Paripurna DPR Siang Ini

Dalam Perkap 4/2020 tersebut ada tiga hal mendasar untuk menghidupkan kembali Pam Swakarsa. Salah satunya adalah tidak seimbangnya antara jumlah personel kepolisian dengan jumlah penduduk Indonesia.

Jogja Police Watch (JPW) melalui Kadiv Humas Baharuddin Kamba memandang akan adanya potensi timbulnya kekerasan, anarkistis, konflik horizontal, premanisme dan intoleransi jika  Pam Swakarsa ini dihidupkan kembali. 

"Karena sejarah pernah mencatat bahwa Pam Swakarsa merupakan kelompok sipil yang dipersenjatai dan dibentuk oleh TNI guna membendung aksi mahasiswa sekaligus mendukung Sidang Istimewa tahun 1998, yang berakhir pada Tragedi Semanggi," tutur Kamba, Kamis (21/1/2021). 

Baca Juga: Moeldoko Bongkar Mengapa Presiden Jokowi Pilih Listyo Sigit Jadi Kapolri Pengganti Idham Azis

Dia menjelaskan, akan muncul juga kekhawatiran nantinya Pam Swakarsa ini akan dijadikan alat untuk melawan masyarakat sipil. Khususnya masyarakat sipil yang berseberangan dengan pemerintah. Karena merasa memiliki kewenangan yang hampir sama dengan polisi, maka asal gebuk bukan rembuk yang ditonjolkan. 

"Pam Swakarsa ini sangat rawan disalahgunakan. Celakanya apabila lemahnya pengawasan dari Polri sebagai pembina sehingga Pam  Swakarsa dapat bertindak semena-mena," tutur dia. 

Maka dari itu, JPW pun berharap kepada calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, yang nantinya menjadi Kapolri pengganti Jenderal Polisi Idham Azis dapat mencabut Perkap Nomor 4 tahun 2020 lantaran  berpotensi menimbulkan kekerasan masyarakat dan rawan disalahgunakan.

Baca Juga: Jalani Fit and Proper Test, Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo Dikawal Senior dan Yunior

"Jika nantinya Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri dan tetap menghidupkan kembali Pam Swakarsa, maka pertanyaan penting dan mendasar adalah sejatinya Pam Swakarsa dibentuk untuk siapa? " pungkas Kamba. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x