Kompas TV regional berita daerah

Tanah Gerak, Puluhan Rumah Terpaksa Dirobohkan

Kompas.tv - 20 Januari 2021, 13:00 WIB

BREBES, KOMPAS.TV - Bencana tanah gerak juga terjadi di Brebes. Dari data yang berhasil dikumpulkan, sedikitnya ada dua puluh lima bangunan rumah milik warga di Dukuh Sambung Regel, Desa Manggis, Kecamatan Sirampog, sabtu siang, mengalami rusak ringan hingga berat. Beberapa bangunan diantaranya kondisinya mengancam keselamatan jiwa sehingga terpaksa harus dirobohkan.

Tim gabungan dari BPBD, TNI, dan relawan serta warga bergotong royong merobohkan bangunan rumah yang kondisinya nyaris ambruk setelah terdampak bencana tanah bergerak. Bangunan dirobohkan karena kondisinya rawan ambruk. Beberapa bagian dinding telah retak seta pada lantai timbul rekahan tanah menganga.

Perobohan bangunan dilakukan secara manual dengan alat seadanya. Petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD, relawan dan warga merobohkan dinding dengan cara menarik menggunakan tali. Total ada empat rumah yang terpaksa harus dirobohkan agar tidak ditempati karena kondisinya rawan ambruk.

Bencana tanah bergerak juga mengakibatkan terjadinya rekahan tanah di sejumlah titik dan badan jalan jalan. Untuk sementara warga yang rumahnya rusak telah mengungsi ke sanak saudara terdekat yang rumahnya tidak terdampak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x