Kompas TV regional berita daerah

Dihantui Pergerakan Tanah Ratusan Warga Mengungsi

Kompas.tv - 18 Januari 2021, 16:20 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI,KOMPAS.TV- Ratusan warga Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, berbondong bondong meninggalkan tempat tinggalnya untuk mengungsi diposko pengungsian yang disediakan oleh BPBD disalah satu Sekolah Menengah Pertama. Mereka mengungsi karena takut diwilayahnya terjadi pergerakan tanah, pergerakan tanah tersebut terjadi di dua Kampung yaitu di Kampung Suradita dan Kampung Balekambang, desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Hingga saat ini data yang masuk ke bpbd sebanyak 125 jiwa dari 64 kepala keluarga mengungsi diposko pengungsian yang ditempatkan di salah satu Sekolah SMP, mereka mengungsi kareka khawatir akan terjadi dampak bencana tersebut ditambah saat ini dilokasi sering terjadi hujan yang cukup deras. dari kejadian tersebut sebanyak 24 rumah warga mengalami rusak ringan terdapat retakan kecil ditanah dan dinding.

Dari laporan panjang BPBD, pergerakan tanah  yang terjadi dua Kampung tersebut sudah tercatat di beberapa tahun yang lalu dan sudah dilakukan kajian dari tahun 2018 hingga 2019, namun diawal tahun ini pergerakan tanah kembali terjadi dikampung tersebut. Dari hasil kajian warga  yang berada didua Kampung tersebut sebaiknya harus direlokasi, sementara berdasarkan pantauan dilapangan bpbd terdapat retakan hingga 100 meter dengan kedalaman bervariatif dari satu meter hingga 4 meter.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x