Kompas TV kolom opini

Pasar Tradisional sebagai Jantung Perekonomian Lower Class

Minggu, 17 Januari 2021 | 07:25 WIB
pasar-tradisional-sebagai-jantung-perekonomian-lower-class
Pasar Tradisional (Sumber: Kompas.com)

Oleh: Ubaidillah Amin, Wakil ketua PP LAZISNU (NU Care)

Pandemi Covid 19 ini sudah hampir satu tahun menghantui Indonesia. Hingga saat ini pada 16 Januari 2020 kasus positif Covid mencapai 896.642 mendekati satu juta, dengan kasus aktif mencapai 143.517 orang.

Bayangkan, dampaknya tidak hanya dirasakan oleh pemerintah saja melainkan masyarakat yang paling banyak menjadi sasaran virus berbahaya ini, hingga per hari ini juga total keseluruhan korban jiwa sebanyak 25.767.  

Dampak terbesarnya adalah perputaran perekonomian yang cenderung stagnan bahkan menurun. Pemerintah sendiri sampai kewalahan mengatur pola keuangan negara hingga akhirnya kebobolan resesi berkali-kali.

Berbicara ekonomi di tengah pandemi ini adalah bagaimana masyarakat terus menjalani aktivitas perekonomian dengan aman dan terus produktif, yaitu selain disiplin menerapkan protokol kesehatan juga dituntut menciptakan keterampilan dan inovasi dalam berwirausaha, apalagi di tengah kehimpitan ekonomi saat ini.  

Salah satu yang mengalami disrupsi akibat Covid ini yaitu peralihan praktik ekonomi dari offline ke online. Tujuan utamanya meminimalisir terjadinya kontak langsung antara pembeli dan penjual.

Tetapi tidak semua lapangan ekonomi mengalami disrupsi ini, salah satu contoh pasar tradisional yang sampai ini eksis dengan pola kontak langsungnya, dan ini yang menjadi kekhawatiran timbulnya klaster Covid.

Penulis : Hariyanto Kurniawan




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:22
PESEPAK BOLA TONI KROOS BERNIAT MENGAKHIRI KARIER BERMAINNYA BERSAMA REAL MADRID   CHELSEA YAKIN PUNYA PELUANG UNTUK MEREKRUT BOMBER BORUSSIA DORTMUND, ERLING HAALAND, PADA MUSIM DEPAN   PERSIB BANDUNG MEREKRUT FERDINAND SINAGA DENGAN KONTRAK HINGGA 2 TAHUN KE DEPAN   AS MENAHAN 100.000 MIGRAN DI PERBATASAN MEKSIKO PADA FEBRUARI 2021   IOC AKAN MELAKUKAN PEMBICARAAN DETAIL SOAL TUAN RUMAH OLIMPIADE 2032 PADA MARET DAN JULI 2021   HINGGA KINI, KOMITE OLIMPIADE INTERNASIONAL (IOC) BELUM MENENTUKAN TUAN RUMAH OLIMPIADE 2032   PM JEPANG YOSHIHIDE SUGA PERPANJANG STATUS DARURAT PANDEMI COVID-19 UNTUK WILAYAH TOKYO HINGGA 21 MARET 2021   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 3.708 ORANG: 2.829 SEMBUH, 172 MENINGGAL DUNIA, 707 DALAM PERAWATAN   SATGAS COVID-19 KABUPATEN BOGOR WASPADAI LONJAKAN WISATAWAN AKHIR PEKAN DEPAN   BEA CUKAI JATENG SITA PAKAIAN BEKAS DAN KAIN IMPOR SENILAI RP 14,6 MILIAR YANG DIANGKUT KAPAL ILEGAL   AKTIVITAS WISATA GUNUNG BROMO TUTUP TOTAL SELAMA HARI RAYA NYEPI PADA 14 MARET 2021   EMPAT ORANG TEWAS TERTIMPA POHON TUMBANG DI DESA SEMINGKIR, PEMALANG, JAWA TENGAH   PROSES VAKSINASI WARGA LANSIA DI KENDARI, SULTRA, TERKENDALA PENDAFTARAN DARING   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN TARGETKAN INDONESIA BISA KUASAI 50% PASAR LOBSTER GLOBAL DI 2024