Kompas TV internasional kompas dunia

Perubahan Kepemimpinan AS Bikin Boris Johnson Yang Kerap Memuji Trump Berbalik Dramatis Kritik Trump

Jumat, 15 Januari 2021 | 01:37 WIB
perubahan-kepemimpinan-as-bikin-boris-johnson-yang-kerap-memuji-trump-berbalik-dramatis-kritik-trump
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan petahana Presiden AS Donald Trump dalam konferensi G-7 di Biarritz, Prancis, 25 Agustus 2019. (Sumber: AP Photo / Erin Schaff)

LONDON, KOMPAS.TV – Dalam politik, tidak ada lawan abadi. Begitu pula sebaliknya: tak ada kawan abadi. Bila politik berganti haluan, yang tadinya kawan pun bisa berubah jadi lawan, meski secara canggung.

 Inilah yang terjadi pada Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Selama bertahun-tahun, ia tercatat kerap memberi komentar hal-hal positif tentang Donald Trump, mulai dari mengungkapkan kekaguman pada petahana presiden AS itu hingga menyebut Trump layak mendapat Hadiah Nobel Perdamaian.

Baca Juga: Menlu Inggris Dukung Donald Trump Raih Nobel Perdamaian

Namun, setelah kerusuhan yang dilakukan para pendukung Trump di Gedung Capitol pada 6 Januari lalu, Johnson mengubah nada bicaranya.

Trump, sebut Johnson, telah mendorong terjadinya pemberontakan disertai aksi kekerasan, mempermasalahkan hasil pemilu AS yang bebas dan adil, dan sepenuhnya berada di pihak yang salah.

Ini jelas merupakan perputaran haluan dramatis bagi seseorang yang kerap dibandingkan dengan Trump. Johnson juga disebut telah menahan diri selama bertahun-tahun untuk mengkritik Trump secara terbuka.

Sejumlah pemimpin dunia lain juga menghadapi dilema dalam menghadapi presiden yang mudah berubah dan tidak bisa ditebak ini, yang menghancurkan beragam kesepakatan dan institusi internasional dengan mengabaikannya. Namun, para pengkritik Johnson menyebut, pujian yang dilancarkan Johnson bagi Trump selama bertahun-tahun – beberapa bahkan menyebut Johnson kerap meniru Trump –, telah melukai otoritas internasional Inggris dan meracuni budaya politiknya.

Penulis : Vyara Lestari


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:49
PENCOPOTAN 12 ANGGOTA GARDA NASIONAL DARI TIM KEAMANAN BIDEN KARENA BERPOTENSI MEMILIKI PAHAM EKSTREMIS   SEBANYAK 12 ANGGOTA GARDA NASIONAL DICOPOT DARI TIM KEAMANAN PELANTIKAN PRESIDEN TERPILIH AS   MENLU AS MIKE POMPEO SEBUT TIONGKOK TELAH MELAKUKAN GENOSIDA TERHADAP ETNIK UIGHUR DI XINJIANG   LIGA 1 DAN LIGA 2 2020 DIBATALKAN KARENA PANDEMI KORONA   BNPB: JALUR MENUJU 5 DESA DI KECAMATAN ULUMANDA, SULBAR, SUDAH BISA DILALUI KENDARAAN RODA DUA   BASARNAS PASTIKAN TANDA SOS DI PULAU LAKI, KEPULAUAN SERIBU, ADALAH HOAKS   KEMENDIKBUD: 30 RIBUAN SEKOLAH BELAJAR TATAP MUKA SAAT PANDEMI PER 14 JANUARI 2021   SEBANYAK 686 PENGUNGSI GEMPA DI MAJENE DAN MAMUJU, SULBAR, DIEVAKUASI KE KOTA MAKASSAR, SULAWESI SELATAN   KPU CIANJUR TUNDA PLENO PENETAPAN BUPATI TERPILIH   ASOSIASI PEDAGANG DAGING INDONESIA (APDI) SEBUT PEMERINTAH AKAN MENGIMPOR DAGING SAPI DARI AUSTRALIA DAN MEKSIKO   KEMENDAG PATOK HARGA DAGING SAPI PALING MAHAL RP 130.000 PER KG   PROTES LONJAKAN HARGA DAGING SAPI DI RPH, PEDAGANG DAGING SAPI DI JABODETABEK MOGOK JUALAN   BMKG: SAAT INI SEBAGIAN BESAR WILAYAH INDONESIA MEMASUKI PUNCAK MUSIM HUJAN, WASPADA CUACA EKSTREM   PRESIDEN JOKOWI PERBOLEHKAN PENAMAAN PULAU, GUNUNG, DAN SUNGAI MENGGUNAKAN BAHASA ASING