Kompas TV nasional peristiwa

Roundup: Efikasi Vaksin, Pencopotan Arief Budiman, Pengadilan John Kei

Rabu, 13 Januari 2021 | 23:20 WIB
roundup-efikasi-vaksin-pencopotan-arief-budiman-pengadilan-john-kei
Raffi Ahmad menerima dosis vaksin virus Corona atau Covid-19 pada Rabu (13/1/2021) (Sumber: YouTube/Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sepanjang hari Rabu (13/1/2021) ada beberapa isu penting dan menarik. Kami merangkum tiga isu di antara banyak isu yang berseliweran: soal tingkat efikasi vaksin Sinovac, kelanjutan pengadilan John Kei, dan pemecatan Ketua KPU Arief Budiman.

Tingkat Efikasi Vaksin

Presiden Jokowi dan beberapa perwakilan masyarakat sudah menjalani vaksinasi Covid-19 di Istana Kepresidenan Jakarta. Hari ini vaksinasi mulai menyebar ke masyarakat umum. 

Namun, beredar kabar tim peneliti Brazil merilis laporan baru terkait uji klinis vaksin Sinovac. Laporan itu menyebut, tingkat efikasi vaksin turun drastis dari 78% menjadi 50,3%.

Sebenarnya, apa itu tingkat efikasi? Dan apakah tingkat efikasi yang relatif rendah berarti tanda bahaya?

Tingkat efikasi adalah angka yang menunjukkan kemampuan vaksin mencegah virus Covid-19 menjangkiti penerima. Namun, angka itu belum menunjukkan kemampuan vaksin sebenarnya.

Hal pertama yang perlu dipahami, tingkat efikasi berbeda dengan tingkat kemanjuran. Tingkat efikasi hanya menampilkan kemampuan vaksin dalam keadaan yang terkondisi.

Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Sedekah Di Masa Sulit

Jumat, 16 April 2021 | 09:18 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
09:49
AS ROMA AKAN MELAWAN MANCHESTER UNITED DI SEMIFINAL LIGA EUROPA   MANCHESTER UNITED, ARSENAL, AS ROMA, DAN VILLARREAL LOLOS KE SEMIFINAL LIGA EUROPA   OLIMPIADE TOKYO AKAN DISELENGGARAKAN PADA 23 JULI-8 AGUSTUS 2021   FEDERASI TENIS INTERNASIONAL (ITF) PERPANJANG PERIODE KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO HINGGA 14 JUNI 2021   PEBALAP MARC MARQUEZ DINYATAKAN LOLOS TES MEDIS UNTUK GRAND PRIX MOTOGP PORTUGAL   GRAND PRIX FORMULA 1 KANADA DIBATALKAN AKIBAT PANDEMI KORONA   SHALAT TARAWIH DI MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM DIKURANGI MENJADI 10 RAKAAT   RAJA ARAB SAUDI SALMAN BIN ABDULAZIZ AL-SAUD IZINKAN MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM GELAR SHALAT TARAWIH   DUA ANGGOTA KKB PIMPINAN PUROM WENDA DI KABUPATEN LANNY JAYA, PAPUA, SERAHKAN DIRI KE POLISI   DISHUB JATIM PERBOLEHKAN WARGA MUDIK LOKAL JIKA PUNYA SURAT TUGAS   DISHUB JATIM MELARANG WARGA MUDIK DI PERKOTAAN/KABUPATEN YANG TERHUBUNG DALAM KESATUAN WILAYAH (MUDIK LOKAL)   PEMPROV KALTENG PERKETAT SYARAT MASUK WILAYAHNYA DENGAN TES ANTIGEN/PCR   WAKIL WALI KOTA BATAM AMSAKAR ACHMAD DAN ISTRINYA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   SATGAS COVID-19: JABAR JADI PROVINSI TERBAIK PENERAPAN PPKM MIKRO DI INDONESIA