Kompas TV olahraga kompas sport

Timnas Indonesia U-19 Latihan di Spanyol, Pemain Ini yang jadi Penerjemahnya

Kompas.tv - 11 Januari 2021, 22:00 WIB
timnas-indonesia-u-19-latihan-di-spanyol-pemain-ini-yang-jadi-penerjemahnya
Gelandang Timnas Indonesia U-19 Khairul Imam Zakiri melepaskan tendangan dalam sesi latihan bersama tim saat TC di Spanyol (Sumber: pssi.org)
Penulis : Gading Persada | Editor : Eddward S Kennedy

SOLO, KOMPAS.TV - Sebagai pemain yang termasuk skuat tim nasional Indonesia U-19 yang kini tengah melakukan pemusatan latihan di Spanyol, Khairul Imam Zakiri punya tugas ganda.

Pemain kelahiran 19 Desember 2001 tersebut sekarang tercatat menjadi bagian dari tim Gymnastica Ceuta.

Bersama klub yang bermain di Division de Honor atau kasta tertinggi kompetisi U-19 Spanyol Grup 4 itu, ia telah menjalani 14 pertandingan bersama tim tersebut.

Sebelum bergabung Gymnastica Ceuta, Zakiri pernah bermain di tim junior Real Valladolid dan Leganes. Ia juga sempat mengikuti trial di klub Ucam Murcia bersama Rendy Juliansyah.

Baca Juga: Timnas U-19 Bersiap Jalani TC di Spanyol

Meski bermain di Negeri Matador, sebagaimana dikutip Kompas.tv dari pssi.org, Senin (11/1/2021), Khairul terus bertekad untuk tetap berseragam Timnas Indonesia. 

“Saya bangga selalu dipanggil Timnas U-19 sejak 2019 hingga saat ini. Awalnya pada 2017 lalu saya sempat ikut seleksi Timnas U-19, namun saya belum dapat menembus tim utama. Hal tersebut menjadikan saya termotivasi untuk terus belajar dan tidak cepat puas,” tambah pemain kelahiran Jakarta tersebut.

Selama di Spanyol, Zakiri juga punya tugas ganda terkait aktivitas Timnas U-19. Ia menjadi penerjemah pemain, pelatih, dan ofisial bila menemui kesulitan berkomunikasi dengan orang-orang di sana.

“Ya saya cukup lama tinggal di Spanyol karena sekolah dan membela klub di sini jadi saya bisa berbahasa Spanyol. Saya senang timnas U-19 dapat menjalani TC di sini,” jelas pemain berkaki kidal tersebut.

Gelandang Timnas Indonesia U-19 Khairul Imam Zakiri saat menjalani sesi latihan tim di Spanyol (Sumber: pssi.org)

Soal adaptasi dengan rekan-rekannya, termasuk melahap menu latihan yang dibuat Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong, Zakiri pun bisa mulus melakoninya.

Hal ini ditunjukkan langsung saat skuat Garuda Nusantara menjalani internal game di Complex Esportiu Futbol Salou, Spanyol, Minggu (10/1/2021).

Pada laga Zakiri yang berposisi sebagai gelandang mampu mencetak dua gol dan membawa tim berjersey biru menang 2-1 atas tim jersey ungu.

“Alhamdulillah senang dapat mencetak gol pada laga internal game tadi. Kami di sini terus bersemangat, fokus dan kerja keras untuk memberikan yang terbaik,” tandas Zakiri.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x