Kompas TV nasional peristiwa

Selain Sriwijaya Air SJ182, Sederet Kecelakaan Pesawat Ini juga Terjadi di Pergantian Tahun

Kompas.tv - 10 Januari 2021, 20:00 WIB
selain-sriwijaya-air-sj182-sederet-kecelakaan-pesawat-ini-juga-terjadi-di-pergantian-tahun
Ilustrasi kecelakaan pesawat (Sumber: istock)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Eddward S Kennedy

SOLO, KOMPAS.TV - Tragedi Kecelakaan Pesawat kembali terjadi di Indonesia di awal tahun 2021. Penerbangan SJ182 dengan rute Jakarta-Pontianak terjatuh di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang.

Update terbaru dari pencarian Sriwijaya Air, lokasi dari black box Sriwijaya Air telah ditemukan pihak TNI dan akan segera diangkat.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, mengungkap tim telah mengindentifikasi keberadaan black box Sriwijaya Air SJ-182 di suatu titik di perairan Kepulauan Seribu.

"Basarnas, TNI/Polri terus berupaya mendapatkan black box yang posisinya diduga kuat di posisi yang kita cari," kata Panglima TNI usai merapat di JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (10/1/2021).

Ada total 62 orang, terdiri dai 50 penumpang dan 12 awak yang menjadi korban naas pesawat milik maskapai Sriwijaya Air ini.

Kejadian ini semakin menambah panjang tragedi kecelakaan yang terjadi sekitar pergantian tahun di bulan Desember-Januari. Berikut daftarnya.

Penerbangan Garuda Indonesia 421

Tragedi ini terjadi pada 16 Januari 2002. Penerbangan Garuda Indonesia GA421 dengan rute Lombok-Yogyakarta ini membawa 54 penumpang dan 6 awak pesawat.

Dari total 60 orang yang ada di pesawat, satu awak kabin tewas, 12 penumpang mengalami luka fatal, serta 10 penumpang mengalami luka ringan.

Dari hasil analisis black box, cuaca buruk menjadi penyebab matinya mesin pesawat sehingga pilot memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat di Bengawan Solo.

Baca Juga: Dari KRI Parang, Tim SAR Temukan Serpihan dan Body Part Pesawat Sriwijaya Air SJ-182



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x