Kompas TV internasional kompas dunia

Bunuh Wakil Komandan Paramiliter Irak, Pengadilan Baghdad Keluarkan Surat Penangkapan Donald Trump

Kompas.tv - 9 Januari 2021, 03:30 WIB
bunuh-wakil-komandan-paramiliter-irak-pengadilan-baghdad-keluarkan-surat-penangkapan-donald-trump
Para demonstran mengangkat poster Abu Mahdi al-Muhandis (kanan), wakil kepala pasukan paramiliter Irak Hashd Shaabi, dan komandan militer Iran Qassem Soleimani, yang sama-sama tewas akibat serangan drone Amerika Serikat setahun lalu, di Lapangan al-Tahrir di Baghdad, ibu kota Irak, pada 3 Januari 2021. (Sumber: Xinhua)
Penulis : Edwin Shri Bimo

BAGHDAD, KOMPAS TV - Pengadilan Irak pada Kamis (07/01/2021) mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, yang akan segera lengser, atas pembunuhan wakil kepala pasukan paramiliter Irak Hashd Shaabi pada Januari 2020, demikian dilaporkan Xinhua Jum'at (08/01/2021)

"Seorang hakim di pengadilan al-Rusafa, Baghdad, yang bertanggung jawab atas penyelidikan terkait pembunuhan Abu Mahdi al-Muhandis, wakil kepala pasukan paramiliter Irak Hashd Shaabi, mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Presiden AS Donald Trump," papar Dewan Yudisial Tertinggi Irak dalam pernyataannya.

Seorang pelayat memegangi foto Abu Mahdi al-Muhandis, wakil kepala pasukan paramiliter Irak Hashd Shaabi, di Baghdad, ibu kota Irak, pada 4 Januari 2020 dalam upacara pemakaman untuk al-Muhandis dan komandan senior Iran Qassem Soleimani, yang sama-sama tewas akibat serangan drone Amerika Serikat di Baghdad. (Sumber: Xinhua/Khalil Dawood)

Hakim mengeluarkan surat perintah penangkapan usai mendengar pengaduan anggota keluarga al-Muhandis dan rampungnya prosedur penyelidikan awal, menurut pernyataan itu.

"Prosedur penyelidikan masih berlanjut untuk mencari tahu partisipan lain dalam tindak kejahatan ini, apakah mereka warga Irak atau warga asing," imbuh pernyataan tersebut.

Pada 3 Januari 2020, drone AS menyerang sebuah konvoi di dekat Bandara Internasional Baghdad. Serangan tersebut menewaskan Qassem Soleimani, komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran, dan al-Muhandis.  Selesai



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x