Kompas TV regional peristiwa

KKB Bakar Pesawat di Papua, Awalnya Dipicu Rebutan Kursi

Kompas.tv - 8 Januari 2021, 00:30 WIB
kkb-bakar-pesawat-di-papua-awalnya-dipicu-rebutan-kursi
Ilustrasi kebakaran, api (Sumber: Pixabay)
Penulis : Tito Dirhantoro

PAPUA, KOMPAS TV - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) mengaku bertanggung jawab atas pembakaran satu unit pesawat komersil milik PT MAF di Intan Jaya, Papua, pada Rabu (6/1/2021).

Kapen Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa, membenarkan adanya peristuwa pembakaran pesawat tersebut. Dia menyebut pelaku pembakaran adalah massa yang ditunggangi KKB.

Baca Juga: KKB Mudah Dapatkan Senjata Api untuk Lawan TNI-Polri, Ternyata Beli Pakai Uang Program Dana Desa

"Memang betul terjadi pembakaran terhadap pesawat seri PK MAK sesuai yang diberitakan base manager MAF Nabire, bahwa massa yang ditunggangi KKB melakukan tindakan brutal," kata Suriastawa dikutip dari Kompas.com pada Kamis (7/1/2021).

Suriastawa mengungkapkan, pesawat seri PK MAK milik PT MAF sebetulnya dijadwalkan terbang menuju Intan Jaya pada pukul 06.00 WIT.

Saat itu, kata dia, pesawat tersebut sempat terbang selama beberapa menit. Namun, karena kondisi saat itu cuaca sedang buruk, pesawat tersebut memutuskan kembali ke Nabire.

Selanjutnya, Suriaswata menambahkan, setelah cuaca sudah membaik pesawat kembali diagendakan terbang ke Intan Jaya pada pukul 09.40 WIT.

Baca Juga: 1 Prajurit TNI Hilang Saat Patroli di Basis Markas KKB

"Tapi, saat itu terjadi penumpukan penumpang yang akhirnya terjadi rebutan kursi," kata Suriastawa.

"Di situ KKB melakukan provokasi sampai akhirnya mereka (massa) membakar pesawat."

Suriaswata menilai, insiden pembakaran pesawat tersebut sebagai tindak lanjut atas pernyataan yang pernah di keluarkan KKB.

Bahwa KKB pernah mengeluarkan pernyataan bernada ancaman bahwa setiap pesawat sipil yang mengangkut pasukan TNI dan Polri di wilayah Papua maupun Papua Barat akan ditembak jatuh.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x