Kompas TV nasional peristiwa

Terungkap Pemulung yang Ditemui Risma Tak Punya Toko Poster, Pemiliknya Tak Terima

Kompas.tv - 7 Januari 2021, 23:22 WIB
terungkap-pemulung-yang-ditemui-risma-tak-punya-toko-poster-pemiliknya-tak-terima
Doni BK (59), pemilik toko poster Bung Karno yang disebut sebagai gelandangan yang ditemui Menteri Sosial Tri Rismaharini. Toko poster Bung Karno tersebut berlokasi di Jalan Minangkabau, Pasar Manggis, Setiabudi, Jakarta Selatan. (Sumber: KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Sebuah cuitan bernada miring tentang seorang pemulung memiliki kios poster Bung Karno viral di media sosial Twitter.

Pemulung yang dimaksud dalam cuitan itu disebut pernah disambangi oleh Menteri Sosial, Tri Rismaharini, saat blusukan di kawasan jalan protokol Sudirman-Thamrin pada 4 Januari 2021.

Cuitan tersebut diketahui ditulis oleh akun Twitter bernama @Andhy_SP211 dan sudah di-retweet sebanyak 134 kali serta disukai 253 kali.

Baca Juga: Rocky Gerung: Risma akan Dibuat Copy Paste Seperti Jokowi, Apa Tidak Ada Cara Lain?

Narasi yang dibangun dalam cuitan itu dan balasan komentar pada akun @Andhy_SP211 seolah-olah pemulung yang ditemui Risma diatur atau di-setting sedemikian rupa.

Oleh sang pemilik akun, pemulung tersebut dituduh memiliki toko poster Bung Karno.

“Gembel ternyata bisa menjadi profesi yg menguntungkan, bisa ikut drakor tanpa casting pastinya,” tulis Andi SP pada Rabu (6/1/2021) pukul 10.22 WIB.

@Andhy_SP211 menyertakan kiriman dua foto wajah seorang pemulung berambut dan berkumis putih, bertopi hitam, serta mengenakan masker.

Baca Juga: Risma Blusukan Diserbu Kritikan, Anggota DPRD Sebut Para Politikus Kekanak-kanakan

@Andhy_SP211 juga menyertakan tangkapan layar dari kiriman akun Facebook yang bernama Adhe Idol.

“Kalau yang menghadap ke depan atau yang rambutnya putih/ubanan itu kek kenal itu, tukang jualan poster Soekarno. Memang dia orang PDIP. Lokasi jualannya Jalan Minangkabau Manggarai. Selain itu dia jualan es kelapa muda juga. Terciduk juga,” tulis Adhe Idol dalam tangkapan layar yang diunggah @Andhy_SP211.

Selain itu, @Andhy_SP211 juga menyertakan tangkapan layar dari layanan peta digital Google Maps.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x