Kompas TV nasional hukum

Rizieq Shihab Jatuh Sakit Hingga Sesak Nafas dan Hampir Pingsan di Tahanan Polda Metro

Kompas.tv - 7 Januari 2021, 20:01 WIB
rizieq-shihab-jatuh-sakit-hingga-sesak-nafas-dan-hampir-pingsan-di-tahanan-polda-metro
Rizieq Shihab tiba di Polda Metro Jaya pada Sabtu (12/12/2020). (Sumber: Kompas.com/Sonya Teresa)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Mantan pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, dikabarkan jatuh sakit di rumah tahanan atau rutan Polda Metro Jaya. Saat ini, ia tengah mendapatkan perawatan dari tim dokter.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh kuasa hukum Habib Rizieq Shihab, Sugito Atmo Prawiro. Menurutnya, Rizieq Shihab sampai mengalami sesak nafas.

"Beliau sakit. Jadi pada pemeriksaan kemarin kondisinya sudah sesak nafas. Seperti asam lambungnya naik. Saya khawatir ada jantung. Hingga mengalami sesak nafas," kata Sugito saat dihubungi Kompas TV pada Kamis (7/1/2021).

Baca Juga: Usul Rizieq Shihab, FPI Ganti Nama Jadi Front Persaudaraan Islam

Sugito menjelaskan, Rizieq Shihab jatuh sakit mulai Jumat, 1 Januari 2021. Saat itu, selepas Isya atau sekitar pukul 20.30 WIB, Rizieq Shihab merasa tidak enak badan hingga mau pingsan. 

Menurut Sugito kondisi kliennya yang tengah sakit kerap dipersulit untuk mendapatkan perawatan maksimal di dalam penjara.

Habib Rizieq, kata Sugito, sampai-sampai harus berteriak sembari melambaikan tangannya ke kamera pengawas CCTV untuk meminta pertolongan. Namun, upaya tersebut tidak direspons.

Sugito menuturkan, direktur tahanan titipan (Dirtahti) ataupun Wakil Dirtahti seperti takut untuk mengambil tindakan. 

Baca Juga: Kompolnas Sebut Penggunaan Pasal 160 KUHP ke Rizieq Shihab Dirasa Sudah Tepat

Selain itu, dia melanjutkan, ruang tahanan yang ditempati Rizieq Shihab merupakan sel isolasi, sehingga membuatnya kesulitan untuk berkomunikasi dengan tahanan lainnya. Termasuk petugas kepolisian yang berjaga. 

Karena sebab itulah, lantas membuat Rizieq kesulitan mendapatkan perawatan pertama saat diketahui tengah jatuh sakit.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x