Kompas TV video cerita indonesia

Warga Temukan Logam Besar Diduga Serpihan Pesawat Air Asia

Kompas.tv - 5 Januari 2021, 16:14 WIB
Penulis : Theo Reza

KALIMANTAN TENGAH, KOMPAS.TV - Sejumlah warga temukan benda logam berukuran besar terdampar di tepi pantai di kawasan Teluk Ranggau, Desa Sungai Canang, Kotawaringin Barat.

Hal tersebut direkam dalam video amatir dari warga, sejumlah warga yang melihat dan duduk di benda logam berukuran besar yang menyerupai badan pesawat.

Diduga benda logam besar itu merupakan serpihan bangkai pesawat Air Asia yang jatuh di sekitar peraian laut selatan Kedawangan batas antara Laut Jawa dan Selat Karimata di sekitar wilayah Kotawaringin Barat pada tahun 2015 yang lalu

Hingga kini belum ada pihak terkait yang berani memberikan kesimpulan terkait dengan benda logam berukuran besar yang ditemukan oleh warga di tepi pantai di kawasan Teluk Ranggau, desa sungai Canang, Kotawaringin Barat.

Dikutip dari Kompas.com, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kumai Kapten Wahyu Prihanto menyatakan, tengah berkoordinasi dengan sejumlah untuk menindaklajuti temuan tersebut

Dia menduga, benda logam tersebut adalah serpihan pesawat.

"Sebab dari sisi bentuk dan ukurannya memang seperti setengah lingkaran badan pesawat. Panjangnnya menurut informasi sementara mencapai 9 meter. Namun, untuk memastikan benda logam itu sisa-sisa bangkai pesawat Air Asia QZ-8501 masih diperlukan investigasi lebih lanjut," papar Wahyu. 

Karena itu, KSOP Kumai berencana mendatangi lokasi penemuan benda logam tersebut yang jaraknya kurang lebih 3 jam perjalanan laut dari kota Kecamatan Kumai dan telah berkoordinasi langsung dengan pihak lain seperti TNI Polri dan pemerintahan kabupaten.

"Kami juga berkoordinasi dengan pihak lain seperti TNI Polri dan pemerintah kabupaten untuk tindak lanjutnya," sambungnya.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x