Kompas TV nasional peristiwa

Ribuan Aparat Gabungan TNI-Polri Dikerahkan Amankan Sidang Praperadilan Rizieq Shihab

Kompas.tv - 4 Januari 2021, 00:43 WIB
ribuan-aparat-gabungan-tni-polri-dikerahkan-amankan-sidang-praperadilan-rizieq-shihab
Sejumlah anggota TNI mencopot baliho bergambar Imam Besar FPI Rizieq Shihab di Jakarta. (Sumber: Dok. Pribadi Anggota DPR RI Abraham Lunggana via Tribunnews.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono, mengatakan sebanyak 1.610 aparat gabungan bakal dikerahkan untuk mengamankan jalannya sidang perdana praperadilan Rizieq Shihab.

Seperti diketahui, pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu akan menjalani sidang pra peradilan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan pada Senin (4/1/2021).

"1.610 personel gabungan dari TNI-Polri, dan pemda disiagakan," kata Argo melalui keterangan tertulisnya yang di Jakarta pada Minggu (3/1/2021).

Baca Juga: Rizieq Shihab Tak Terima Penahanannya Diperpanjang Hingga 40 Hari ke Depan

Argo menjelaskan, pengamanan tersebut akan tersebar di sejumlah lokasi. Itu mulai dari di lokasi sidang hingga pengaturan arus lalu lintas di sekitar PN Jakarta Selatan.

Sebagai informasi, PN Jakarta Selatan menjadwalkan sidang pembacaan permohonan praperadilan yang diajukan kuasa hukum Rizieq Shihab pada pukul 09.00 WIB Senin (4/1/2021).

Pengadilan juga juga telah menunjuk hakim tunggal yang akan memimpin jalannya persidangan yaitu Akhmad Sahyuti dan panitera pengganti, Agustinus Endri.

Kepala Humas PN Jakarta Selatan, Suharno, mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan dalam menyambut sidang yang diagendakan pada Senin (4/1/2021) pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: Kemenag Pastikan Rizieq Shihab Tetap Boleh Berceramah Meskipun FPI Sudah Dibubarkan

Salah satunya soal keamanan saat sidang pimpinan FPI yang baru saja dibubarkan pemerintah itu berlangsung.

"Pengamanan (dari) pihak kepolisian. Kami tak ingin ambil risiko. Jadi jika ada hal yang tidak kita inginkan, kita persiapkan," ujar Suharno dikutip dari Kompas.com, Sabtu (2/1/2021).




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x