Kompas TV internasional kompas dunia

Kontrasnya Perayaan Malam Tahun Baru Tahun Ini dan Tahun-Tahun Sebelumnya

Kompas.tv - 2 Januari 2021, 02:52 WIB
kontrasnya-perayaan-malam-tahun-baru-tahun-ini-dan-tahun-tahun-sebelumnya
Kontrasnya perayaan malam tahun baru di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, pada 31 Desember 2020 dengan perayaan malam tahun baru 31 Desember 2016. (Sumber: AP Photo / Dita Alangkara, Tatan Syuflana)
Penulis : Vyara Lestari

KOMPAS.TV – Perayaan Malam Tahun Baru di penghujung tahun 2020 di penjuru dunia terlihat kontras tahun ini berkat pandemi Covid-19. Titik-titik kota yang tahun sebelumnya dijubeli lautan manusia, tahun ini nyaris kosong melompong lantaran adanya pembatasan kerumunan orang demi meredam penyebaran virus corona.

Pandemi yang telah mengubah wajah dunia sepanjang tahun 2020 membuat perayaan malam tahun baru yang biasanya meriah dengan pesta kembang api, tahun ini sepi.

Associated Press merangkum pemandangan kontras perayaan malam tahun baru menyambut 2021 dengan perayaan malam tahun baru sebelumnya di sejumlah lokasi populer di seluruh dunia.

Suasana malam tahun baru di penghujung tahun 2020 (atas) dan perayaan malam tahun baru setahun sebelumnya pada 31 Desember 2019. (Sumber: AP Photo / Dita Alangkara, Tatan Syuflana)

Di area Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Indonesia, perayaan malam tahun baru yang biasanya dipadati ribuan orang, tampak berbanding terbalik dengan suasana pada Kamis malam (31/12). Tak ada lautan manusia yang menikmati pesta kembang api. Di ruas jalan yang basah sehabis hujan, hanya tampak satu dua kendaraan yang melintas. 

Baca Juga: Kim Jong-Un Kirimkan Kartu Tahun Baru untuk Rakyatnya, Ucapannya Mengharukan

Perayaan malam tahun baru di Pelabuhan Victoria, Hong Kong tahun ini tanpa pesta kembang api (atas) seperti tahun sebelumnya (bawah). (Sumber: AP Photo / Kin Cheung)
Suasana di perempatan Shibuya, Tokyo, Jepang pada 31 Desember 2020 (atas) dan suasana malam tahun baru di lokasi yang sama pada 1 Januari 2020 (bawah). (Sumber: AP Photo / Kiichiro Sato dan Shohei Miyano / Kyodo News via AP)
Suasana malam tahun baru di Lapangan Ortakoy di depan Masjid Mecidiye dekat Jembatan Bosporus, Turki pada 31 Desember 2020 (atas) dan suasana perayaan malam tahun baru di lokasi yang sama pada 1 Januari 2020 (bawah). (Sumber: AP Photo / Emrah Gurel)
Sejumlah petugas polisi dan paramedis tampak berjaga di jalanan seberang London Eye Ferris Wheel yang lengang di London, Inggris, pada malam 31 Desember 2020 (atas). Suasana di lokasi yang sama tepat setahun sebelumnya tampak sangat kontras saat ribuan orang menanti untuk merekam momen pergantian tahun yang dimeriahkan dengan pesta kembang api (bawah). (Sumber: AP Photo / Matt Dunham)
Suasana malam tahun baru di Brussel, Belgia pada malam 31 Desember 2020 (atas) dan perayaan malam tahun baru pada 1 Januari 2017 (bawah). (Sumber: AP Photo / Francisco Seco dan Geert Vanden Wijngaert)
Suasana ruas jalan Champs Elysees, Paris, Prancis pada dinihari 1 Januari 2021 (atas) dan suasana perayaan malam tahun baru pada 1 Januari 2020 (bawah). (Sumber: AP Photo / Thibault Camus, Christophe Ena)
Suasana malam tahun baru di Times Square, New York, Amerika Serikat pada 1 Januari 2021 (atas) tampak sangat kontras dengan kemeriahan perayaan malam tahun baru pada 1 Januari 2020 di lokasi yang sama (bawah). (Sumber: AP Photo / Craig Rutte, Ben Hider)
Suasana malam tahun baru di Dresden, Jerman yang tahun ini tanpa kembang api (atas) dan suasana tepat setahun sebelumnya (bawah). (Sumber: Sebastian Kahnert / DPA via AP)
Suasana di Pantai Copacabana di Rio De Janeiro, Brasil pada 31 Desember 2020 (atas) dan kemeriahan pesta malam tahun baru pada 1 Januari 2020 di lokasi yang sama (bawah). (Sumber: AP Photo / Bruna Prado)

Baca Juga: Harapan di Tahun Baru, Paus Fransiskus Ingin Kekerasan di Yaman Bisa Berakhir

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x