Kompas TV nasional sapa tahun baru

Perayaan Tahun Baru 2021 di Selandia Baru

Kompas.tv - 1 Januari 2021, 05:55 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perayaan Tahun Baru kemungkinan besar akan diredam tahun ini. 

Tetapi negara mana yang akan mengakhiri tahun 2020 lebih dulu? Tahun Baru 2021 tiba dengan waktu yang berbeda di seluruh dunia.

Kita bisa melihat tahun baru di Selandia Baru, Selandia Baru mengumumkan akan menggratiskan vaksin virus corona kepada seluruh warganya.  

Bahkan, dengan dua vaksin yang telah dibeli yaitu dari perusahaan farmasi AstraZeneca dan Novavax, disebutkan cukup untuk memberikan dosis gratis kepada penduduknya serta negara tetangga Tokelau, Kepulauan Cook, Niue, Samoa, Tonga, dan Tuvalu.  

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengamankan jutaan vaksin dari AstraZeneca dan Novovax.

Dilansir dari RNZ, (17/12/2020), jumlah vaksin dari AstraZeneca yang akan datang sebanyak 7,6 juta dosis (cukup untuk 3,6 juta orang), dan 10,72 juta dosis dari Novovax (cukup untuk 5,36 juta orang). 

Kedua vaksin tersebut membutuhkan dua dosis untuk diberikan kepada masing-masing warga. 

Diketahui, Pemerintah Selandia Baru juga telah memiliki perjanjian pembelian awal untuk 750.000 vaksin Pfizer/BioNTech dan 5 juta vaksin dari Janssen Pharmaceutica.  

Meski biaya pengadaan vaksin tidak diungkapkan seberapa besar, namun Pemerintah Selandia Baru memastikan tetap menggratiskan vaksin untuk warga negaranya. 

Ardern mengatakan, dengan adanya perjanjian baru artinya pemerintah saat ini akan memiliki tiga jenis teknologi vaksin yang tersedia, jika beberapa vaksin tidak membuahkan hasil.
 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x