Kompas TV internasional kompas dunia

Dosen Sejarah Rusia Dipenjara Karena Bunuh dan Mutilasi Mahasiswi Kekasihnya

Kompas.tv - 25 Desember 2020, 22:33 WIB
dosen-sejarah-rusia-dipenjara-karena-bunuh-dan-mutilasi-mahasiswi-kekasihnya
Oleg Sokolov (64), dosen sejarah Rusia yang telah membunuh dan memutilasi mahasiswi yang menjadi kekasihnya. Sokolov mengidolakan Napoleon Bonaparte. (Sumber: Synergi Mentor)
Penulis : Vyara Lestari

ST. PETERSBURG, KOMPAS.TV – Pengadilan di St. Petersburg pada Jumat (25/12) memvonis bersalah seorang dosen sejarah terkenal atas dakwaan membunuh dan memutilasi seorang mahasiswi. Sang dosen dihukum 12,5 tahun.

Dilansir dari Associated Press, pengadilan memutuskan Oleg Sokolov (64), yang mengajar sejarah di Universitas Negeri St. Petersburg, bersalah telah menembak dan membunuh mahasiswi doktoral Anastasia Yeschenko (24) di apartemen Sokolov pada November 2019.

Baca Juga: Rusia Dilarang Gunakan Nama Negara, Bendera dan Lagu Kebangsaan Selama Dua Olimpiade ke Depan

Sokolov ditangkap setelah ditarik keluar dari Sungai Moika di luar apartemennya di St. Petersburg dengan sebuah tas punggung berisi dua potong lengan yang terputus.

Kedua potongan tangan tersebut diidentifikasi sebagai tangan Yeschenko, dan para penyidik menemukan bagian tubuh lain Yeschenko di sungai dan di apartemen Sokolov di bagian kota bersejarah St. Petersburg, sekitar 1 kilometer dari Museum Hermitage.

Selama persidangan, Sokolov bersaksi bahwa ia dan Yeschenko memiliki hubungan khusus dan mengaku bahwa ia telah menembak kekasihnya dalam sebuah pertengkaran.

Tim jaksa menuntut Sokolov dengan hukuman 15 tahun penjara.

Baca Juga: Vladimir Putin Mundur sebagai Presiden Rusia Tahun Depan karena Parkinson, Ini Kata Kremlin

Sokolov terkenal dengan buku-buku tulisannya yang mengulas tentang era Napoleon. Ia juga kerap berpartisipasi dalam pemeragaan kembali adegan pertempuran bersejarah, dan kasusnya menarik perhatian luas di Rusia.

Seorang penutur bahasa Prancis yang fasih, Sokolov merupakan anggota terkemuka gerakan pemeragaan kembali militer sejak awal tahun 1990an. Ia memeragakan Napoleon dalam sejumlah pemeragaan kembali pertempuran bersejarah dan peristiwa lainnya.

Baca Juga: Dosen Asal Indonesia Hukum 300 Mahasiswa di Australia Karena Dugaan Plagiarisme

Gaya Sokolov yang flamboyan dan penyampaiannya yang berapi-api dan bersemangat membuatnya populer di kalangan para mahasiswa dan mahasiswi. Dalam wawancara dengan televisi, Sokolov menyebut tentang hasratnya pada era Napoleon. Napoleon adalah idola Sokolov, dan rekan sesama penggemar sejarah kerap memanggilnya dengan julukan ‘Sire’, panggilan bagi sang kaisar pemimpin militer Prancis itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x