Kompas TV regional hukum

Polisi Bongkar Jual Beli Surat Rapid Test Palsu, Bayar Rp 100 Ribu Dapat Hasil Non Reaktif

Kompas.tv - 21 Desember 2020, 19:11 WIB
polisi-bongkar-jual-beli-surat-rapid-test-palsu-bayar-rp-100-ribu-dapat-hasil-non-reaktif
Barang bukti pemalsuan surat rapid test dibeberkan di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (21/12/2020). (Sumber: KOMPAS.COM/ACHMAD FAIZAL)
Penulis : Tito Dirhantoro

SURABAYA, KOMPAS TV - Jajaran Polres Pelabuhan Tanjung Perak membongkar praktik pemalsuan surat hasil rapid test yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur. 

Seseorang hanya dengan membayar senilai Rp 100.000, maka bisa mendapatkan surat keterangan rapid test dengan hasil non reaktif tanpa harus melakukan tes terlebih dahulu.

Baca Juga: Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Kini Wajib Tunjukkan Hasil Rapid Test Antigen yang Negatif

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum, mengatakan praktik jual beli surat keterangan rapid test itu dilakukan oleh komplotan. 

Mereka, kata Ganis, kerap beroperasi di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur. Dalam melancarkan aksinya, mereka menawarkan surat hasil rapid test kepada calon penumpang kapal laut. 

"Mereka menawarkan surat hasil rapid test kepada calon penumpang kapal laut antar pulau sebagai syarat pembelian tiket agar bisa berangkat," kata Ganis dikutip dari Kompas.com pada Senin (21/12/2020).

Baca Juga: Polisi Tangkap Calo Surat Rapid Test di Stasiun Senen, Ini Tanggapan PT KAI

Ganis mengungkapkan, tiga anggota komplotan yang sudah ditangkap oleh jajaran Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya masing-masing berinisial MR (55), BS (35), dan SH (46).

Ketika beraksi, masing-masing pelaku tersebut mempunyai peran yang berbeda-beda. Menurut Ganis, pelaku MR berperan sebagai pemilik agen travel.

Lalu, pelaku BS berperan sebagai calo, dan terakhir SH merupakan salah satu pegawai Puskesmas yang berada di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x