Kompas TV nasional politik

Soal Reshuffle Kabinet, Hasto Ungkap Komunikasi Jokowi dan Megawati Makin Intens

Kompas.tv - 21 Desember 2020, 17:54 WIB
soal-reshuffle-kabinet-hasto-ungkap-komunikasi-jokowi-dan-megawati-makin-intens
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan secara simbolis bantuan modal kerja kepada sejumlah pelaku usaha mikro dan kecil (UMK). (Sumber: Youtube Setpres)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, mengungkapkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi semakin intens berkomunikasi dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Komunikasi antara keduanya berkaitan dengan pengisian jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan yanh ditinggalkan Edhy Prabowo serta Menteri Sosial yang ditinggal Juliari Batubara.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Patimban

"Secara periodik, Ibu Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Presiden Jokowi. Komunikasi memang sudah dilakukan,” kata Hasto saat dihubungi pada Minggu (20/12/2020), seperti dikutip dari Kompas.id.

Sebagaimana diketahui, jabatan dua kementerian itu saat ini masih kosong setelah Edhy Prabowo dan Juliari P Batubara dicokok Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Keduanya pun telah ditetapkan sebagai tersangka.

Karena kekosongan tersebut, desas-desus perombakan kabinet Indonesia Maju semakin menguat, terutama dua pekan belakangan setelah dua menteri itu ditahan KPK.

Baca Juga: Soal Jabatan Presiden 3 Periode, Fadjroel: Jokowi Tegak Lurus pada Sumpah dan Pegang Teguh UUD 1945

Bukan hanya karena kekosongan dua kursi menteri sudah berlangsung lebih dari dua pekan. Namun, beragam spekulasi juga muncul lantaran pada minggu keempat Desember terdapat hari Rabu (23/12/2020) Pon yang merupakan weton atau hari lahir Presiden Jokowi (Kompas, 18/12/2020).

Selama enam tahun memerintah, sejak periode pertama 2014-2019 dan kini periode kedua 2019-2024, Jokowi beberapa kali mengeluarkan keputusan penting pada hari lahirnya itu.

Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, weton merupakan hari istimewa yang bisa menjadi dasar untuk menentukan hari baik, hari keberuntungan, bahkan hari sial seseorang.

Baca Juga: Resmikan Pelabuhan Patimban, Jokowi: Pelabuhan Ini Topang Percepatan Ekspor



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x