Kompas TV nasional peristiwa

Tujuh Anggota Komisi Yudisial Diambil Sumpah di Depan Presiden

Kompas.tv - 21 Desember 2020, 12:41 WIB
tujuh-anggota-komisi-yudisial-diambil-sumpah-di-depan-presiden
Presiden Jokowi memberi sambutan dalam Muktamar ke-9 PPP. (Sumber: Youtube Setpres)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara pengucapan sumpah jabatan 7 anggota Komisi Yudisial (KY) periode 2020-2025 di Istana Negara Jakarta, Senin (21/12/2020).

Jokowi hadir didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Sebelum pengucapan sumpah 7 anggota KY dilakukan, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama membacakan Keputusan Presiden terkait pengangkatan anggota KY yang baru tersebut.


"Keppres nomor 131/P tahun 2020 tentang pemberhentian dengan hormat Anggota Komisi Yudisial masa jabatan 2015-2020 dan pengangkatan anggota Komisi Yudisial masa jabatan tahun 2020-2025," kata Setya Utama.

Baca Juga: Inilah Tujuh Anggota Komisi Yudisial Pilihan Komisi III DPR


Ke-7 anggota KY terpilih tersebut berasal dari berbagai unsur mulai dari hakim, praktisi hukum, hingga masyarat. Ke-7 nama tersebut yaitu : Joko Sasmito mewakili unsur mantan hakim, M Taufiq Hz mewakili unsur mantan hakim, Sukma Violetta mewakili unsur praktisi hukum, dan Bin Ziyad Khadafi dari unsur praktisi hukum.

Selain itu Amzulian Rifai dari unsur akademisi hukum, Mukti Fajar Nur Dewata dari unsur akademisi hukum, serta Siti Nurjanah mewakili unsur masyarakat.

Ketujuh Anggota KY tersebut diangkat setelah melalui proses seleksi Pansel. Mulai dari Uji Publik, seleksi kepribadian, hingga wawancara terbuka.

Presiden memilih tujuh orang dari 14 nama yang diserahkan Pansel untuk mendapat persetujuan DPR RI. DPR selanjutnya melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). 

Baca Juga: Sekjen Komisi Yudisial Positif Corona, Gedung Ditutup Selama 1 Minggu


Ke-7 nama tersebut kemudian membacakan sumpah jabatan di depan presiden dan wakil presiden secara bersama-sama.

"Saya bersumpah/berjanji bahwa saya senantiasa akan menolak atau tidak menerima atau tidak mau dipengaruhi oleh campur tangan siapapun juga dan saya akan tetap teguh melaksanakan wewenang dan tugas saya yang diamanatkan Undang-undang kepada saya," demikian bunyi sumpah tersebut.

Acara pengucapan sumpah digelar dengan protokol kesehatan. Selain tamu atau pejabat jumlahnya terbatas, presiden dan para anggota KY mengenakan masker dan menjaga jarak.

Turut hadir mendampingi presiden Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala Staf Presiden Moeldoko.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x