Kompas TV internasional kompas dunia

Kebakaran Tewaskan 9 Pasien Covid-19 di Turki

Kompas.tv - 19 Desember 2020, 23:37 WIB
kebakaran-tewaskan-9-pasien-covid-19-di-turki
Polisi dan petugas medis berkumpul di depan Rumah Sakit Universitas Sanko di Gaziantep, Turki, Sabtu (19/12). (Sumber: Kadir Gunes / DHA via AP)
Penulis : Vyara Lestari

ANKARA, KOMPAS.TV – Sebuah kebakaran yang bersumber dari ledakan tabung oksigen melanda sebuah rumah sakit di selatan Turki, Sabtu (19/12) dan menewaskan 9 pasien Covid-19 yang tengah menjalani perawatan intensif.

Associated Press melaporkan, kebakaran melanda unit perawatan intensif rumah sakit Universitas Sanko di Gaziantep, sekitar 850 kilometer di tenggara Istanbul, Turki. Kebakaran dengan cepat dapat dipadamkan. Pihak berwenang tengah menyelidiki kasus kebakaran ini.

Dikutip dari kantor berita Anadolu, rumah sakit tersebut mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan bahwa korban meninggal berusia antara 56 hingga 85 tahun. Sementara, 14 pasien lain yang juga tengah dirawat intensif, dipindahkan ke rumah sakit lain.

Baca Juga: Erdogan Kecam Sanksi Ekonomi AS, Sebut Kedaulatan Turki Telah Diserang

Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengatakan, 9 orang pasien yang tengah menjalani perawatan intensif akibat Covid-19 tewas dalam kebakaran tersebut. Sementara kantor gubernur menyebut, 19 orang pasien tengah menjalani perawatan intensif saat sebuah perangkat oksigen bertekanan tinggi meledak pada pukul 4.45 pagi waktu setempat. Selain korban meninggal, tidak dilaporkan adanya korban luka lainnya.

Menurut data pemerintah Turki, unit perawatan intensif yang ada di seluruh Turki kini memiliki tingkat hunian sebesar 74% akibat pandemi Covid-19. Namun, asosiasi media menyebut bahwa jumlah yang sebenarnya jauh lebih tinggi dan rumah sakit kewalahan menangangi pasien Covid-19.

Baca Juga: Presiden Turki Umumkan Lockdown Terbesar di Negara Itu

Pada Jumat malam, Kementerian Kesehatan Turki melaporkan 26.410 kasus penularan virus vorona baru, membuat jumlah total kasus Covid-19 di negara itu menjadi 1,98 juta kasus sejak bulan Maret. Jumlah ini termasuk kasus orang tanpa gejala, yang selama 4 bulan terakhir hingga akhir November tidak dilaporkan pemerintah, yang memicu kecurigaan bahwa pemerintah berupaya menyembunyikan jumlah kasus penularan Covid-19 sesungguhnya.   

Baca Juga: Turki Catat 30,401 Kasus Baru Harian Covid-19 Termasuk Yang Tidak Bergejala

Pada Jumat, Turki mencapai rekor harian tertinggi dengan 246 kematian akibat Covid-19. Hingga kini, angka korban meninggal akibat Covid-19 di Turki telah mencapai 17.610 jiwa.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x