Kompas TV nasional sapa indonesia

Bahas Keamanan Vaksin Covid-19 Gratis Untuk Seluruh Penduduk Indonesia

Kompas.tv - 17 Desember 2020, 10:15 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah akhirnya memutuskan menggratiskan vaksin covid-19 bagi seluruh penduduk Indonesia. 

Presiden Joko Widodo menyatakan, keputusan menggratiskan vaksin covid-19 diambil, setelah adanya perhitungan ulang atas keuangan negara.

Presiden memerintahkan seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, untuk memprioritaskan program vaksinasi covid-19 di tahun anggaran 2021, agar seluruh masyarakat Indonesia mendapat vaksin covid-19.

Dalam keterangan yang disampaikan secara daring dari istana hari Rabu, presiden juga menyampaikan kembali, ia akan menjadi penerima vaksin covid-19 pertama di Indonesia. 

Menurut Jokowi, langkah ini merupakan cara untuk membangun kepercayaan masyarakat bahwa vaksin covid-19 aman.
 
Meski pemerintah telah mendatangkan 1,2 juta dosis vaksin Sinovac dari Tiongkok pada 6 Desember lalu, vaksinasi covid-19 gratis tak lantas bisa langsung berjalan. 

Hingga presiden mengumumkan vaksin akan diberikan gratis, nyatanya Badan POM belum mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin covid-19.

Selain persoalan izin penggunaan darurat yang belum dikeluarkan Badan POM, program vaksinasi gratis untuk seluruh penduduk Indonesia juga menelan biaya yang besar. 

Dalam rapat dengan kerja Komisi IX DPR 17 November lalu, menteri kesehatan terawan agus putranto menyebut harga vaksin covid-19 buatan Sinovac sebesar 211.282 rupiah per dosis. 
 
Langkah pemerintah menggratiskan vaksin covid-19 patut diapresiasi. Begitu pula dengan pernyataan presiden bahwa ia akan menjadi orang pertama yang akan divaksin. Kini, langkah selanjutnya ditunggu. 

Memastikan vaksin yang akan diberikan aman dan manjur untuk menangkal covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x