Kompas TV internasional kompas dunia

Italia Susul Inggris Untuk Jumlah Kematian Tertinggi Akibat Virus Corona di Eropa

Kompas.tv - 14 Desember 2020, 05:51 WIB
italia-susul-inggris-untuk-jumlah-kematian-tertinggi-akibat-virus-corona-di-eropa
Pemakaman korban Covid-19 di pemakaman Maggiore di Milan, Italia. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

ROMA, KOMPAS.TV - Italia melampaui Inggris untuk menjadi negara dengan jumlah kematian karena virus korona terburuk di Eropa. Jumlah ini diperoleh Italia pada Minggu (13/12/2020).

Italia merupakan negara tempat pertama kali virus corona memasuki Eropa. Pada Minggu (13/12/2020), negara tersebut mencatat 484 kematian akibat Covid-19 dalam satu hari. Sebenarnya jumlah ini merupakan salah satu jumlah kematian terendah yang dialami Italia dalam satu hari, selama satu bulan terakhir.

Namun dengan tambahan 484 kematian baru ini, jumlah resmi kematian di Italia hingga saat ini mencapai total 64.520 orang. Jumlah ini membuat Italia menyusul Inggris yang selama ini berada di posisi puncak dalam jumlah kematian tertinggi di Eropa. Sementara itu, Inggris kini mencapai 64.267 kematian akibat virus corona, menurut penghitungan Universitas Johns Hopkins.

Baca Juga: Berbagai Pembatasan Ketat Diberlakukan, Perayaan Natal Tahun ini Akan Sangat Berbeda di Italia

Namun para ahli memperkirakan, jumlah kematian sebenarnya lebih besar, karena kedua negara memiliki kriteria penghitungan yang berbeda. Selain itu, banyak kematian akibat virus corona yang tidak terdeteksi, terutama yang terjadi di awal masa pandemi. Banyak juga kematian yang terjadi pada orang lanjut usia di panti jompo yang tidak dites Covid-19.

Pada hari Minggu, Italia juga melaporkan tambahan sebanyak 17.938 kasus virus corona baru, sehingga meningkatkan penghitungan resminya menjadi 1,84 juta kasus.

Sejauh ini, wilayah yang mencatat jumlah infeksi baru tertinggi di Italia adalah wilayah utara Veneto. Sedangkan wilayah Lombardy di Italia, memiliki jumlah kasus dan kematian tertinggi secara keseluruhan.

Baca Juga: Italia Laporkan 731 Kematian Akibat Covid-19 Dalam Satu Hari

Sebagai perbandingan, Jerman yang juga merupakan negara yang berada di wilayah Eropa dan memiliki wilayah jauh lebih besar dari Italia, memiliki korban tewas hanya satu per tiga dari Italia atau Inggris.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x