Kompas TV regional berita daerah

Nitilaku, Mengenang Perpindahan Kampus UGM dari Keraton Yogyakarta ke Bulaksumur

Kompas.tv - 11 Desember 2020, 16:46 WIB
nitilaku-mengenang-perpindahan-kampus-ugm-dari-keraton-yogyakarta-ke-bulaksumur
Ilustrasi: Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Nitilaku UGM kembali digelar pada tahun ini. Pawai budaya tahunan yang diadakan Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (PP Kagama) untuk merayakan Dies Natalis ke-71 UGM ini berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya.

Nitilaku UGM kali ini digelar secara virtual karena pandemi Covid-19. Meskipun demikian, rangkaian acara yang bertujuan untuk tapak tilas perjalanan UGM ini tetap mengadopsi tata cara dan prosesi layaknya penyelenggaraan luring.

Sejarah keberadaan kampus UGM dimulai pada 20 Mei 1949. Ketika itu terjadi ketegangan dalam mempertahankan kemerdekaan dari ancaman agresi militer Belanda.

Baca Juga: Kata Pukat UGM Soal Hukuman Mati Koruptor

Panitia perguruan tinggi ketika itu mengadakan rapat di pendopp Kepatihan Yogyakarta. Rapat dipimpin Soetopo, dengan anggota, Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Sardjito, Prijono, Wreksodhiningrat, Harjono, Sugardo, dan Slamet Soetikno.

Dalam rapat itu diputuskan untuk mendirikan kembali perguruan tinggi di wilayah RI. Sultan HB IX bersedia meminjamkan keraton Yogyakarta dan beberapa gedung di sekitar keraton untuk ruang kuliah. Pada 19 Desember 1049, pemerintah secara resmi mendirikan perguruan tinggi negeri bernama Universiteit Negeri Gadjah Mada yang berganti menjadi Universitas Gadjah mada (UGM) beberapa waktu kemudian.

Saat itu, kegiatan belajar diadakan di Pagelaran Keraton Yogyakarta. Dukungan Sultan HB IX tidak berhenti sampai di sini. Ia menghibahkan tanah seluas 183,36 hektare di Bulaksumur sebagai lokasi kampus UGM.

Pembangunan UGM berlangsung pada 1950 sampai 1959 dan akhirnya kampus UGM pun berpindah dari Pagelaran Keraton Yogkarta ke Bulaksumur sampai sekarang.

Nitilaku 2020 akan diselenggarakan pada Minggu, 13 Desember 2020, mulai pukul 07.00 WIB melalui kanal Youtube serta Zoom. Sekalipun deigelar virtual, pawai budaya juga tetap diikuti alumni UGM dari berbagai penjuru tanah air.

Pawai, pertunjukan seni budaya, dan interaksi antarpeserta akan dilakukan secara virtual. KAGAMA di berbagai daerah akan terlibat dalam Nitilaku melalui video yang akan ditampilkan pada rangkaian pawai virtual.

Baca Juga: UGM Gandeng Filantropi Filipina Bikin Obat Covid-19

Menurut Ketua PP Kagama, Ganjar Pranowo, Nitilaku 2020 mengajak semua orang berpartisipasi di tengah pandemi Covid-19.

“Bentuk virtual sebagai penghormatan terhadap aturan, tidak bisa kerumunan fisik, tetapi bisa kerumunan virtual,” ujarnya dalam jumpa pers, Jumat (11/12/2020).

Nitilaku 2020 menghadirkan bentuk sinergi 5K yaitu Kampus sebagai basis pengembangan ilmu teori, Keraton, Kampung sebagai basis pengembangan budaya praktis, Komunitas, dan Korporasi. Sinergi 5K itu akan hadir sebagai elemen acara dan memperlihatkan perwakilan perwakilan yang bisa menunjukkan relasi dan kontribusi masing-masing dalam mewujudkan spirit  dan nilai-nilai UGM sebagai kampus perjuangan, kebangsaan, dan Pancasila yang berkebudayaan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x