Kompas TV regional berita daerah

Sahabat Difabel Terus Berkarya Di Masa Pandemi

Kamis, 10 Desember 2020 | 14:52 WIB

KAB. PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Di masa pandemi Covid-19, para penyandang disabilitas intelektual di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, menghasilkan karya kreatif yang bisa menambah penghasilan keluarga. Agar terus berkarya dimasa pandemi Covid-19, Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Pekalongan memberikan bantuan modal untuk para penyandang disabilitas.

Para penyandang disabilitas intelektual ini menggelar pameran batik ciprat di Desa Babalan Lor, Bojong, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Dari beberapa karya yang diproduksi oleh sahabat difabel, karya batik ciprat motif virus corona ini menarik perhatian para pengunjung pameran. Motif batik ciprat lain yang berhasil diproduksi yakni motif padi dan pelangi.

Di masa pandemi Covid-19, penjualan batik ciprat milik para penyandang disabilitas ini mengalami keterpurukan. Agar para penyandang disabilitas bisa terus berkarya dan mendapatkan penghasilan, Baznas Kabupaten Pekalongan memberikan bantuan pemberdayaan sebesar 15 juta rupiah untuk 15 anak disabilitas intelektual, yang menjadi produsen batik ciprat Pekalongan dengan harapan agar bisa terus berkarya di masa pandemi Covid-19.

Salah seorang penyandang disabilitas intelektual, Sumaya mengaku senang dengan adanya bantuan dari Baznas Kabupaten Pekalongan. Dirinya menginginkan agar batik ciprat yang diproduksinya terus berkembang.

Asisten 1 Setda Pekalongan, Totok, menjelaskan nantinya Pemerintah Daerah akan membuat surat edaran agar Aparatur Sipil Negara membeli batik ciprat dari penyandang disabilitas. Totok berharap adanya bantuan Baznas bisa menambah semangat kaum disabilitas di Kabupaten Pekalongan. 
 
Batik ciprat karya 15 orang penyandang disabilitas intelektual ini ditawarkan kepada pembeli dengan harga Rp 120.000,- hingga Rp 130.000,- per lembarnya. Dengan adanya bantuan dari Baznas diharapkan sahabat difabel bisa menambah penghasilannya dan terus berkarya dimasa pandemi Covid-19.

 

#Baznas #Disabilitas #Covid-19
 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : KompasTV Jateng


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:18
BLACKPINK DITUNJUK JADI DUTA KONFERENSI PERUBAHAN IKLIM PBB (COP26) 2021   BNPB: 60 RUMAH RUSAK RINGAN PASCAGEMPA BERMAGNITUDO 5,2 DI LABUHA, HALMAHERA SELATAN   SEMPAT PADAM SAAT GEMPA 5,2 MAGNITUDO, JARINGAN LISTRIK DI LABUHA, HALMAHERA SELATAN, KEMBALI PULIH   DARI KEDUA TERDUGA TERORIS YANG DITANGKAP DI SURABAYA DAN MOJOKERTO SEJUMLAH BARANG BUKTI DISITA DI ANTARANYA PEDANG   DENSUS 88 POLRI TANGKAP DUA PRIA TERDUGA TERORIS DI SURABAYA DAN MOJOKERTO, JAWA TIMUR   TERKAIT PENEMBAKAN DI CENGKARENG, KOMPOLNAS MINTA POLRI LAKUKAN TES KEJIWAAN BAGI POLISI PEMEGANG SENJATA API   KPK INGATKAN KEPALA DAERAH YANG BARU DILANTIK AGAR SELALU MEMEGANG TEGUH INTEGRITAS   POLDA METRO JAYA BERENCANA USULKAN LOKASI KAMPUNG TANGGUH JAYA JADI LOKASI VAKSINASI COVID-19 UNTUK MASYARAKAT   AZIS SYAMSUDDIN: TAHANAN KPK BUKAN PRIORITAS VAKSINASI SEHINGGA BERPOTENSI TIMBULKAN KETIDAKSETARAAN AKSES   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA KEMENKES MENGEVALUASI PROSEDUR PEMBERIAN VAKSIN COVID-19 BAGI TAHANAN KPK   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR: TOTAL PESERTA YANG DIVAKSINASI DI KOMPLEKS PARLEMEN DIPERKIRAKAN MENCAPAI 12.000 ORANG   SYARAT BAWA HASIL TES USAP DI BANDARA SUPADIO PONTIANAK KEMBALI DIPERPANJANG HINGGA LIBUR HARI RAYA IDUL FITRI   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 3.292: 2.368 SEMBUH, 171 MENINGGAL DUNIA, DAN 753 DALAM PERAWATAN   HINGGA 26 FEBRUARI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA MENCAPAI 1.322.866 ORANG, 1.128.672 SEMBUH, & 35.786 MENINGGAL DUNIA