Kompas TV regional berita daerah

Degan Bakar Minuman Kaya Rempah Penambah Imunitas Tubuh

Kompas.tv - 10 Desember 2020, 13:58 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Ada banyak cara melindungi diri kita dari berbagai macam penyakit. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat dan minuman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Yang kini banyak diminati masyarakat adalah dugan bakar dengan campuran rempah-rempah menjadi pilihan minuman herbal yang dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh bagi yang mengonsumsinya.

Kelapa muda atau yang juga disebut degan, merupakan jenis buah yang dikenal akan kesegaran airnya dan dipercaya memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh.

Namun ditangan Jamhari, warga Jalan Kepodang, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung ini mampu mengkreasikan rasa dari degan menjadi minuman herbal hangat yang kaya kaan rempah.

Cara membuatnya, semula kelapa muda harus dibakar terlebih dahulu di dalam tungku api dengan duarasi waktu sekitar 1 jam. Selanjutnya kulit kelapa yang sudah menghitam ini diangkat dan dikupas dari kulitnya.

Sejumlah rempah yang sudah disiapkan seperti sereh, jahe, kayu manis, kapulaga, dan cengkeh digeprek dan dimasukan ke dalam degan bakar. Tidak lupa cairan gula aren juga dituangkan agar memberi rasa manis.

Baca Juga: TPS Unik Warnai Pilkada di Bandar Lampung

Sejak pandemi merebak, permintaan degan bakar diakui terus meningkat, bahkan mencapai 85 persen jika dibandingkan saat kondisi normal. Biasanya pembeli sudah mulai mengantri sejak pukul 16.00. Untuk bisa menikmati 1 porsi minuman hangat yang kaya akan rempah ini, anda cukup membayar 15 ribu rupiah. 

#deganbakar #minumanherbal #imunitas #rempahrempah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x