Kompas TV regional berita daerah

Untan Luncurkan Prototype Mobil Listrik "Kapuas 1" Karya Mahasiswa Fakultas Teknik

Kompas.tv - 9 Desember 2020, 11:03 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Universitas Tanjungpura Pontianak meluncurkan purwarupa mobil listrik, karya mahasiswa. Peluncuran mobil listrik ini dilakukan oleh Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak, Profesor Garuda Wiko, di Aula Fakultas Teknik Untan.

Prototipe mobil listrik yang diberi nama “Kapuas 1” ini merupakan karya mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Tanjung Pura Pontianak. Mobil listrik “Kapuas Satu” ini merupakan prototipe pertama yang lahir dari tangan mahasiswa Universitas Tanjungpura.

Mobil “Kapuas 1” dirancang memiliki tegangan listrik 48 volt, didukung oleh kapasitas baterai 1 KWH sehingga mampu melaju dengan kecepatan maksimal 50 kilometer per jam, dengan daya jelajah sepanjang 35 kilometer. Selain itu, badan mobil “Kapuas 1” ini terbuat dari limbah kelapa sawit.

Pembuatan prototipe mobil listrik “Kapuas 1” memakan waktu satu tahun, mulai dari perencanaan hingga perakitan dan uji coba.

Mobil listrik karya mahasiswa ini diapresiasi Rektor Universitas Tanjungpura, Garuda Wiko. Garuda Wiko mengaku bangga dan siap mendorong dan mendukung mahasiswa fakultas teknik untuk terus melakukan pengembangan.

Mobil listrik ini juga merupakan upaya Universitas Tanjungpura untuk melahirkan karya nyata berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Rencananya mobil listrik karya mahasiswa ini akan terus dikembangkan dan dimutakhirkan hingga tahun 2023 mendatang.

Simak informasi lain dari Kota Pontianak dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x