Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Bangkit Dari Covid-19 Ekonomi Jepang Tumbuh 22.9% Kuartal 3 Tahun Ini

Selasa, 8 Desember 2020 | 21:17 WIB
bangkit-dari-covid-19-ekonomi-jepang-tumbuh-22-9-kuartal-3-tahun-ini
Pusat belanja di Jepang pada Agustus 2020. Ekonomi Jepang tumbuh 22.9% pada kuartal ke 3 tahun ini didorong lonjakan belanja bahan pokok rumah tangga (Sumber: AP Photo)


MITO, KOMPAS TV – Ekonomi Jepang tumbuh 22.9% pada kuartal ke 3 tahun ini, sejalan dengan bangkitnya pembelanjaan sektor usaha dan rumah tangga dari tekanan pandemi pada musim semi dan musim panas kemarin.

Associated Press melaporkan, kalangan pengamat ekonomi melihat perbaikan tersebut sejalan dengan proyeksi ekonomi dan kini Jepang mulai bangkit dari resesi yang terjadi sejak akhir 2019, bahkan sebelum hantaman pandemi Covid-19.

“Kenaikan PDB di kuartal 3 dan melonjak tajamnya pembelanjaan kebutuhan dasar rumah tangga pada bulan Oktober lalu memperlihatkan bahwa Jepang akan bangkit dari pandemi lebih cepat dari perkiraan yang selama ini kita sepakati,” tutur Tom Learmouth dari Capital Economics.

“Kami pikir PDB akan tumbuh 2.1% kuartal ini (dibanding pertumbuhan kuartal yang sama tahun lalu) dan kejutan dari sisi pertumbuhan diperkirakan akan muncul tahun depan,” tambahnya lebih jauh.

Baca Juga: Melalui JBIC, Jepang akan Investasi 4 Miliar Dollar AS Dalam Sovereign Wealth Fund Indonesia

Pembelanjaan kebutuhan dasar rumah tangga di Jepang tidak menghitung biaya perumahan maupun kendaraan serta pembiayaan lain yang tidak mendasar. Hal itu membuat pembelanjaan kebutuhan dasar rumah tangga menjadi rujukan terbaik untuk tingkat permintaan konsumen.

Seperti kekuatan ekonomi lainnya, kemunduran akibat pandemi membuat output ekonomi Jepang masih terpukul, 3.9% dibawah kuartal yang sama tahun lalu, tambah Learmouth.

Penulis : Edwin Shri Bimo


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:35
WAPRES MA'RUF AMIN HARAP ATURAN VAKSINASI COVID-19 MANDIRI KELUAR MINGGU DEPAN   WAPRES MA'RUF AMIN NILAI KELOMPOK ANTIVAKSIN COVID-19 SUDAH BERKURANG   KEMENPAREKRAF TUNJUK SELEBRITAS LADY MARSELLA JADI DUTA SATGAS TOILET UNTUK BENAHI TOILET DI KAWASAN PARIWISATA   PEMPROV DKI MULAI REALISASIKAN PEMBUATAN PEMBATAS JALUR SEPEDA PERMANEN DI SEPANJANG JALAN SUDIRMAN-THAMRIN   SEMPAT DIHENTIKAN, VAKSINASI COVID-19 PEDAGANG DI PASAR TANAH ABANG KEMBALI DILANJUTKAN HARI INI   MENKO MARVES LUHUT MINTA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI MALUKU DIPERCEPAT UNTUK DUKUNG LUMBUNG IKAN NASIONAL   KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DORONG PEMDA KEMBANGKAN TALENTA DIGITAL   MENTERI PUPR: PENANGANAN BANJIR HARUS DIKERJAKAN SECARA SISTEMIK DARI HULU SAMPAI KE HILIR   BUPATI BATANG IZINKAN SEKOLAH DI ZONA HIJAU GELAR KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM) TATAP MUKA AWAL MARET 2021   PEMKAB TEMANGGUNG SASAR VAKSINASI TAHAP DUA UNTUK GURU HINGGA SOPIR ANGKUTAN UMUM   KEMENDIKBUD: VAKSINASI COVID-19 GURU DAN DOSEN DEMI WUJUDKAN SEKOLAH TATAP MUKA JULI 2021   SATGAS PENANGGULANGAN BENCANA KARHUTLA DI ROKAN HULU, RIAU, PATROLI GUNAKAN HELIKOPTER   INSTITUT PERTANIAN BOGOR SIAP BANTU PELAKSANAAN UJI PRAKLINIS VAKSIN COVID-19 MERAH PUTIH   ANALISIS MENDALAM SEPUTAR PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL. SIMAK SELENGKAPNYA: KLIK.KOMPAS.ID