Kompas TV entertainment lifestyle

Selain Tampil Trendi, Ini 4 Manfaat Smartwatch untuk Memantau Kesehatan

Kompas.tv - 6 Desember 2020, 18:01 WIB
selain-tampil-trendi-ini-4-manfaat-smartwatch-untuk-memantau-kesehatan
Ilustrasi olahraga, running, smartwatch, memantau hasil olahraga dengan smartwatch (Sumber: Instagram)
Penulis : Ade Indra Kusuma

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jam tangan bisa dikatakan salah satu elemen pendukung untuk meningkatkan penampilan. Namun belakangan, smartwatch atau perangkat jam tangan pintar sedang di gandrungi oleh kalangan anak muda terlebih dengan kemampuannya yang serba terkoneksi. Selain memenuhi gaya hidup, smartwatch kini lebih dipilih digunakan untuk kepentingan kesehatan lewat aplikasi pemantau kondisi kesehatan tubuh si pengguna. 

Mengutip Pop Science, memakai smartwatch bisa membuat kita waspada dan aware tentang masalah kesehatan. Namun ingat, memakai smartwatch bukan berarti kamu bebas untuk medical check-up tahunan, ya. 

Berikut 3 Manfaat menjaga kesehatan dan mendeteksi dini beberapa masalah kesehatan dengan smartwatch.

1. Mendeteksi dini gangguan irama jantung

Fibrilasi atrium atau dikenal dengan gangguan irama jantung ternyata dapat dideteksi dini dengan bantuan smartwatch. Untuk mendeteksi dengan benar tanda-tanda fibrilasi atrium, jam tangan pintar milik kamu harus punya fungsi elektrokardiogram (EKG), yang merekam sinyal listrik kecil yang dihasilkan detak jantung.

Salah satu jam tangan Amazfit GTR 2 dan Amazfit GTS 2 kini menawarkan pemantauan detak jantung presisi tinggi yang dilengkapi dengan sensor optik BioTracker 2 PPG, yang melacak detak jantung Anda 24/7,

"Fungsi ini dianggap bisa memonitor detak jantung istirahat Anda, zona detak jantung dan memberi Anda peringatan detak jantung abnormal, untuk lebih memahami kesehatan jantung Anda," tulis sumber dalam siaran pers yang diterima, Minggu (12/6/2020).

2. Mengukur okosigen dalam darah

Fitur BioTracker 2 PPG juga mendukung OxygenBeats yang berfungsi untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah. Ketika terlibat dalam pekerjaan olahraga jangka panjang, atau aktivitas fisik seperti berpartisipasi dalam maraton atau olahraga luar ruangan intensitas tinggi, jika Anda merasa tidak nyaman maka Anda dapat mengukur kadar oksigen darah Anda saat ini untuk memahami keadaan fisik Anda dengan cepat, dan menjaga kesehatan ada di tangan Anda.

3. Memantau kualitas tidur

Pemantauan kualitas tidur juga memastikan kinerja yang optimal dan jam tangan pintar Amazfit ini memantau tidur Anda dan membuatnya lebih mudah untuk memahami pola tidur Anda dan meningkatkan kualitas tidur. Setelah disinkronkan ke aplikasi, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang berapa lama Anda menghabiskan waktu dalam tahap tidur nyenyak, termasuk tahap tidur Rapid Eye Movement (REM), hingga tidur siang hari.

4. Pantau Stres

Sebuah sistem Penilaian Kesehatan (PAI) atau Personal Activity Intelligence yang disematkan di smartwatch Amazfit ini juga memudahkan untuk mengetahui berapa banyak aktivitas yang dibutuhkan untuk tetap sehat, dan membantu memanage Anda menyeimbangkan tingkat stres. Saat Anda merasa tertekan, belajarlah untuk lebih rileks dengan mencari cara baru untuk mengatur stres. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x