Kompas TV nasional kompas pagi

Jokowi Jamin Perlindungan Penyandang Disabilitas

Kompas.tv - 4 Desember 2020, 08:45 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo menyatakan peringatan hari disabilitas intenasional tahun ini, harus menjadi momentum untuk memperkuat solidaritas, dan meningkatkan kesetaraan dan kesempatan bagi penyandang disabilitas.

Dalam sambutannya di acara peringatan hari disabilitas, presiden juga menyebut berbagai peraturan yang telah ia tanda tangani, yang berkaitan dengan penyandang disabilitas.

Jokowi meminta masyarakat untuk mengawal implementasinya, agar semua peraturan yang telah ia terbitkan bisa terlaksana dengan baik.

Jokowi juga berbicara mengenai pentingnya peran komisi nasional disabilitas, agar bisa menjadi tonggak penting dalam mempercepat pelaksanaan visi besar terhadap penyandang disabilitas.

Masih dalam masa pandemi covid-19, peringatan hari disabilitas internasional yang jatuh setiap tanggal 3 Desember digelar secara virtual oleh kementerian sosial.

Bertema "Not All Disabilities are Visible", pada hari disabilitas internasional ini, kementerian sosial tetap berupaya membangun kaum disabilitas, karena menjadi aset negara untuk kemajuan bangsa. 

Pada masa pandemi covid-19. Selain itu, kementerian sosial juga terus berupaya menghilangkan anggapan negatif penyandang disabilitas, karena mereka bukan penghalang, melainkan menjadi bagian dalam pembangunan. 

Dari data badan pusat statistik, populasi penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 9,6 juta jiwa.
 
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x