Kompas TV regional peristiwa

Detik-detik Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru

Kamis, 3 Desember 2020 | 06:10 WIB

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Pasca meletus, Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, untuk pertama kalinya mengeluarkan lahar dingin sejak Selasa sore.

Lahar dingin membawa material vulkanik sisa letusan berupa batu, debu, dan pasir.

Inilah video amatir warga saat merekam detik-detik banjir lahar dingin Gunung Semeru.

Hujan yang terjadi di puncak Gunung Semeru, membawa lahar dingin berupa material vulkanik. 

Lahar dingin juga memutus akses jalan penghubung dua desa.

Petugas dari badan penanggulangan bencana daerah, Kabupaten Lumajang, bersama Basarnas mengimbau agar warga tidak mendekat ke kawasan sungai yang dialiri lahar dingin.

Pencarian terhadap salah satu operator alat berat yang dikabarkan hilang tertimbun material vulkanik Gunung Semeru, di Lumajang, Jawa Timur, Rabu petang dihentikan sementara karena hujan.

Sebelumnya tim SAR telah menyisir di sepanjang sungai besuk kobokan. Namun material vulkanik yang masih panas sempat membuat pencarian terhalang.

Korban diketahui merupakan warga Probolinggo, Jawa Timur. Korban diduga tidak bisa menyelamatkan diri saat awan panas datang.

Tim SAR masih terus melakukan pencarian terhadap salah satu operator alat berat yang dikabarkan hilang tertim bun material vulkanik Gunung Semeru

Hingga Rabu sore, tim masih belum menemukan keberadaan yang bersangkutan.

Sejumlah tim SAR, tim TRC, BPBD Lumajang dan relawan nampak melakukan penyisiran disepanjang Sungai Besuk Kobokan. 

Sayang, material vulkanik yang masih panas, membuat petugas kesulitan melangkah lebih jauh.

Menurut warga, operator tersebut diketahui merupakan warga Probolinggo Jawa Timur yang bekerja di tambang pasir di tempat tersebut. 

Saat awan panas datang, opeartor alat berat tersebut masih berusaha menyelamatkan alat tersebut. 

Sementara, temannya berhasil menyelamatkan diri. Hingga kini, keberadaannya masih belum diketahui.


Rencananya, upaya pencarian masih akan terus dilakukan oleh tim SAR gabungan.
 

Penulis : Merlion Gusti


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:23
KEMENKEU AJAK KEMENTERIAN DAN LEMBAGA ASURANSIKAN BARANG MILIK NEGARA    POLRI IMBAU MASYARAKAT HATI-HATI PENIPUAN BERKEDOK INVESTASI   PEMPROV DKI DIBANTU POLISI DALAMI MOTIF PENARIKAN PAKSA KABEL LISTRIK DI RUMAH POMPA DUKUH ATAS, JAKPUS    PEMPROV BABEL JADIKAN BALAI BENIH PERTANIAN PALEMPANG PUSAT PEMBIBITAN PORANG   MAHKAMAH AGUNG: HANYA 8 PERSEN PERMOHONAN PK KORUPTOR YANG DIKABULKAN   KEMENDAGRI MINTA PEMDA SEGERA REALISASIKAN APBD 2021 UNTUK KESEHATAN DAN EKONOMI    MENTERI PPPA PASTIKAN PEREMPUAN DAN ANAK DI PENGUNGSIAN BENCANA AMAN DAN NYAMAN   PEMPROV BABEL PINDAHKAN PASIEN DARI WISMA KARANTINA ASRAMA HAJI KE RS INFEKSI DAN KARANTINA COVID-19   IDI: STRATEGI PENANGANAN DI HULU AKAN TENTUKAN PENANGANAN PANDEMI COVID-19 DI TANAH AIR   MENRISTEK: PENGEMBANGAN VAKSIN COVID-19 DALAM NEGERI PERLU PERHATIKAN ASPEK AMAN DAN TERJANGKAU    MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO: VAKSIN MERAH PUTIH MENJAGA KEBERLANJUTAN KEKEBALAN MASSAL DI TANAH AIR   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM: TUGAS PEMERINTAH BANTU AKSELERASI PEMBELAJARAN TERUTAMA SAAT PANDEMI COVID-19   MENDIKBUD PASTIKAN SEMUA GURU HONORER BISA IKUTI SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK) 2021   BNPB MINTA PEMDA SEGERA SELESAIKAN DATA RUMAH RUSAK PASCAGEMPA SULAWESI BARAT