Kompas TV regional berita daerah

TNBTS Menutup Pendakian Ke Gunung Semeru

Kompas.tv - 1 Desember 2020, 13:50 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TNBTS, kembali menutup jalur pendakian ke Gunung Semeru sejak 30 November 2020. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi adanya peningkatan aktivitas Gunung Semeru dalam beberapa hari terakhir.

Sejumlah pendaki yang akan melakukan aktivitas pendakian ke Gunung Semeru, terpaksa harus mengurungkan niatnya lantaran pihak taman nasional menutup sementara pendakian ke Gunung Semeru. Belum diketahui secara pasti kapan pendakian akan kembali dibuka.

Berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, penutupan dilakukan menyusul adanya peningkatan aktivitas Gunung Semeru beberapa hari terakhir. Sebab, meski batasan pendakian hanya sampai Kalimati, namun banyak pendaki yang nekat melanggar dan mendaki  hingga Puncak Mahameru. Hal ini tentu sangat membahayakan pendaki lantaran banyak lontaran material pijar dan guguran awan panas.

Baca Juga: Lukisan Awan Cantik Di Puncak Gunung Semeru

Syarif Hidayat, Humas Balai Besar TNBTS mengkonfirmasi, bagi pendaki yang sudah terlanjur memesan tiket, pihak TNBTS akan menjadwal ulang pendakian jika kondisi Gunung Semeru kembali normal.

Sebelumnya, pendakian Gunung Semeru sendiri dibuka pada tanggal 01 Oktober kemarin.

 

#GunungSemeru #SemeruDitutup #TNBTS



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x