Kompas TV entertainment selebriti

Maudy Ayunda Bocorkan Ilmu "Rahasia" dari Stanford University ke Mendikbud Nadiem

Sabtu, 28 November 2020 | 18:45 WIB
maudy-ayunda-bocorkan-ilmu-rahasia-dari-stanford-university-ke-mendikbud-nadiem
Maudy Ayunda (Sumber: kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Maudy Ayunda berdiskusi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim tentang pendidikan baru-baru ini di Instagram live.

Maudy diminta Nadiem untuk menceritakan seperti apa rasanya berkuliah di Stanford University, Amerika Serikat (AS). Seperti yang diketahui, Maudy Ayunda terdaftar sebagai mahasiswa jurusan Bidang Pendidikan dan jurusan Bisnis di kampus bergengsi di Amerika Serikat itu sejak 2019.

"Kayaknya sudah banyak konsep-konsep pendidikan yang dipelajari di Stanford, tolong dong ajarin saya. Apa sih konsep yang paling 'Aha!' di Stanford waktu ambil bidang pendidikan? Yang paling wah atau break through,” tanya Nadiem kepada Maudy.

Pemeran film Perahu Kertas itu menceritakan tahun ini baru mulai mengambil kelas tentang pendidikan, tetapi ada satu konsep yang bisa dibagikannya.

"Jadi frame work yang digunakan untuk memecahkan masalah sosial apa pun itu, it's the idea of positive deviance. Bahwa approach-nya itu kita bukan cari solusi dari luar," ungkap Maudy Ayunda.

Baca Juga: Nadiem Makarim Menghela Napas Saat Mendapat Pertanyaan Ini dari Maudy Ayunda

Lebih lanjut Maudy menjelaskan ke Nadiem bagaimana biasanya seseorang cenderung mencari ahli dari luar dan mengaplikasikan solusinya untuk mengatasi masalah.

Namun dari ilmu yang didapat di Stanford ini, Maudy belajar untuk menemukan sejumlah orang dengan masalah yang sama dengan hasil akhir berbeda, lalu membandingkan cara mereka menyelesaikan masalah.

”Positive deviance ini adalah ide di mana kita mencari orang-orang yang juga mengalami restrictions (batasan) dan constraints (kendala) yang sama dalam environment yang sama, tapi somehow mendapatkan hasil yang berbeda dari yang lainnya. Pasti ada satu dua hal yang orang itu lakukan yang membuahkan hasil berbeda," jelas Maudy.

Menurut Maudy konsep yang bisa ditujukan ke murid dan guru ini sangat menarik.

Penulis : Dian Septina

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Peristiwa

Kasus Corona Melonjak di Riau

Minggu, 1 Agustus 2021 | 00:20 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
03:09
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19