Kompas TV regional berita daerah

PMI Jemput Bola Pendonor

Kompas.tv - 26 November 2020, 15:15 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Dengan menggunakan mobil Unit Donor Palang Merah Indonesia Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, setiap hari mencari para pendonor darah terutama di area perkantoran. Hal ini dilakukan untuk menjaga persediaan stok darah yang mengalami penurunan tajam. 

Sejak adanya pandemi stok darah di PMI sempat turun hingga tujuh puluh persen. Untuk itu PMI gencar melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat kepada para petugas maupun calon pendonor. 

Masyarakat diimbau tidak perlu kuatir untuk mendonorkan darahnya terutama di saat pandemi seperti sekarang ini, karena Covid-19 dipastikan tidak menular melalui darah. 

Menurut Humas PMI Kabupaten Kudus, sebelum terjadi pandemi, dalam sehari PMI bisa mendapatkan 100 hingga 150 kantong darah. Namun setelah adanya pandemi ini PMI hanya mampu mendapatkan 60 hingga 70 kantong darah sehingga persediaan stok darah di PMI menipis.

Dengan persediaan yang menipis ini, PMI berharap kepada masyarakat yang merasa sehat untuk bisa mendonorkan darahnya. Apalagi saat ini sudah memasuki musim penghujan yang biasanya permintaan darah mengalami kenaikan karena banyaknya kasus demam berdarah.

#Donor darah #Covid-19 #PMI 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x