Kompas TV nasional sosial

PGRI Dukung Pemerintah Buka Sekolah Tatap Muka

Kompas.tv - 20 November 2020, 23:31 WIB
pgri-dukung-pemerintah-buka-sekolah-tatap-muka
Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). (Sumber: Istimewa)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mendukung kebijakan pemerintah yang akan membuka kegiatan belajar mengajar secara tatap muka mulai Januari 2021 mendatang.

"Berdasarkan masukan, kajian, dan diskusi di lingkungan PGRI, kami memandang memang sudah saatnya (kegiatan belajar mengajar secara tatap muka)," kata Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi dalam pernyataan visual kepada jurnalis Kompas TV Ihsan Sitorus, Jumat (20/11/2020).

Tentu kegiatan belajar mengajar secara tatap muka ini, kata Unifah, disertai catatan harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang tertib dan ketat untuk keselamatan semua.

Baca Juga: Ini Syarat Sekolah Menggelar Pembelajaran Tatap Muka

Namun begitu, PGRI meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan beberapa hal sebelum kegiatan belajar secara tatap muka ini berlangsung mulai Januari 2021.

Karena pembelajaran ini bukan pembelajaran normal seperti sebelumnya, menurut Unifah, maka dibutuhkan petunjuk-petunjuk yang jelas.

"Serta yang paling penting adalah menyiapkan kurikulum sederhana, bukan pilihan kurikulum darurat yang disederhanakan," ujarnya.

Selain itu juga ada relaksasi atau penyesuaian aturan-aturan, sehingga guru-guru tidak dirugikan.

"Kalau pemerintah melakukan pembukaan dan menyerahkan kepada pemerintah daerah, maka diperlukan juga aturan-aturan terkait 24 jam mengajar, dan sebagainya," jelas Unifah.

Baca Juga: Nadiem Makarim Susun Panduan Pembelajaran Semester Genap, Sekolah Mulai Dibuka?

Yang tak kalah penting, lanjut Unifah, adalah kerja sama semua pihak, yakni pemerintah daerah, guru, kepala sekolah, dan orang tua. Sehingga rencana kita belajar tatap muka bisa dilaksanakan.

"Karena pada dasarnya pendidikan itu memang memerlukan sentuhan interaksi yang saling mengasihi di ruang kelas, antara guru dan siswanya," tutup Unifah.

Pemerintah Akan Mulai Sekolah Tatap Muka Januari 2021

Pemerintah memutuskan untuk membolehkan sekolah melakukan pembelajaran tatap muka.

Hal ini diumumkan oleh para menteri terkait dalam pengumuman keputusan bersama empat menteri mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19, dalam konferensi pers dan paparan di laman akun Youtube Kemendikbud, Jumat (20/11/2020).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x