Kompas TV nasional peristiwa

Viral Prajurit TNI Turunkan Baliho Bergambar Rizieq Shihab, Pangdam Jaya: Itu Atas Perintah Saya

Kompas.tv - 20 November 2020, 11:25 WIB
viral-prajurit-tni-turunkan-baliho-bergambar-rizieq-shihab-pangdam-jaya-itu-atas-perintah-saya
Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman saat konfrensi pers di Kodam Jaya, Kamis (1/10/2020). (Sumber: KompasTV)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman merasa heran dengan ulah Front Pembela Islam (FPI) yang memasang baliho sembarangan.

Ia telah memerintahkan jajarannya untuk menurunkan baliho yang berhubungan dengan FPI maupun Rizieq Shihab jika tidak menaati aturan.

"Ini negara negara hukum, harus taat kepada hukum, kalau masang baliho itu sudah jelas ada aturannya, ada bayar pajaknya, tempatnya sudah ditentunkan, jangan seenaknya sendiri, seakan akan dia paling benar, enggak ada itu," ujar Dudung saat menjawab pertanyaan wartawan usai apel pasukan di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/11/2020).

Baca Juga: Viral Mobil Operasi Khusus TNI Berhenti di Depan Markas FPI, Ini Penjelasan Dankoopssus

Terkait video viral sejumlah TNI ikut menurunkan spanduk, Dudung memastikan tindakan prajurit tersebut atas perintahnya.

Awalnya prajurit TNI Kodam Jaya ikut mendampingi Satuan PP menurunkan baliho Rizieq Shihab yang dipasang tanpa izin.

Namun pihak FPI justru kembali memasang baliho yang sudah diturunkan Satpol PP. Hal inilah yang membuat TNI turun tangan melakukan tindakan tegas.

“Itu perintah saya, berapa kali Satpol PP turunkan dinaikan lagi. Itu perintah saya,” ujar Dudung.

Baca Juga: Kata TNI Soal Viral Pencopotan Baliho Habib Rizieq Shihab

Lebih lanjut, Dudung memastikan operasi menurunkan baliho Rizieq terus berlanjut. Ia juga mengingatkan prajurit Kodam Jaya tidak segan-segan untuk bertindak tegas.

"Ini akan saya bersihkan semua, tidak ada itu baliho yang mengajak revolusi dan segala macam," ujarnya.

Video yang memperlihatkan sejumlah orang berseragam TNI menurunkan baliho bergambar Rizieq Shihab di pinggir jalan raya beredar di media sosial.

Rizieq Shihab saat ini tengah menjadi sorotan lantaran respsi pernikahan putrinya serta acara peringatan Maulid Nabi di Petamburan menimbulkan kerumunan massa yang berpotensi besar dalam penyebaran virus corona.

Baca Juga: Mabes TNI Angkat Bicara Soal Video Pencopotan Baliho Rizieq Shihab

Sebelum acara yang diadakan Sabtu lalu itu, kehadiran Rizieq di Megamendung, Puncak juga mengundang massa untuk berkumpul.

Akibat kedua acara dan kegiatan tersebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dipanggil kepolisian untuk dimintai keterangan.

Tak hanya itu Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat harus dimutasi lantaran dianggap mengabaikan kerumunan massa dari acara dan kegiatan Rizieq Shihab.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x