Kompas TV regional berita daerah

Longsor di Kebumen Rusak Empat Rumah

Kompas.tv - 17 November 2020, 12:05 WIB

KEBUMEN, KOMPAS.TV - Gara-gara curah hujan tinggi, bencana longsor melanda dukuh Bojong kelurahan Panjer, Kebumen. 4 rumah rusak dan memaksa penghuninya mengungsi ketempat yang lebih aman.


Suprapti salah satu korban tanah longsor mengatakan peristiwa bergeraknya tanah di RT 3 RW 1 kelurahan Panjer  berawal pada sabtu pekan lalu namun puncaknya terjadi pada rabu pagi sekitar pukul 01.00 WIB. Suprapti mengaku suasana saat itu cukup mencekam karena berlangsung sekitar 2 jam lamanya. Dinding dan tanah terasa bergerak, hingga akhirnya Suprapti dan sejumlah keluarga lain mengungsi ke rumah tetangga yang lebih aman.

Selain longsor sepanjang 30 meter, hujan dengan curah tinggi juga menyebabkan retakan tanah kurang lebih 50 hingga 70 meter. Adapun kedalaman tanah longsor bervariasi mulai 7 hingga 12 meter. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun setidaknya ada 4 rumah yang rusak diantaranya rumah milik supangat, Suprapti, paiman dan wahyuniatun. Total jiwa yang terdampak sebanyak 14 orang dengan keadaan selamat dan sementara mengungsi ke tempat yang aman.
 

Pasca kejadian tersebut, sejumlah petugas BPBD Kebumen telah melakukan asesmen bersama kepolisian dan tni serta memasang garis pembatas sebagai tanda bahaya di sekitar lokasi. Selain itu aliran listrik maupun saluran air dari pdam juga diminta agar diputus sementara.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x