Kompas TV nasional sosial

Penganugerahan Tanda Jasa dan Kehormatan RI Dijadwalkan Jam 10, Gatot Nurmantyo Bakal Hadir

Kompas.tv - 11 November 2020, 06:40 WIB
penganugerahan-tanda-jasa-dan-kehormatan-ri-dijadwalkan-jam-10-gatot-nurmantyo-bakal-hadir
Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo berpose sebelum menjadi narasumber di acara Satu Meja The Forum di studio satu Kompas TV, Menara Kompas, Jakarta, Senin (23/4/2018). (Sumber: KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Sekretaris Negara telah mengirimkan undangan kepada tokoh yang akan menerima Bintang Mahaputera dari Presiden Joko Widodo.

Dalam undangan yang beredar, upacara penganugerahan tanda jasa dan tanda kehormatan Republik Indonesia tahun 2020 dilaksanakan di Istana Negara, Rabu, 11 November 2020 pukul 10.00 WIB.

Di undangan tersebut juga tertulis agar para penerima dan tamu hadir pada pukul 09.00 WIB sebelum acara dimulai dengan membawa undangan dan surat asli hasil tes usap. Tamu undangan wajib menggunakan masker kain dan face shield.

Baca Juga: Gatot Nurmantyo Bakal Terima Gelar Bintang Mahaputera

Untuk penerima tanda Jasa dan Tanda Kehormatan RI pria diminta mengenakan pakaian sipil lengkap (PSL) dan peci sedangkan wanita mengenakan pakaian nasional.

Sementara tamu undangan pria menggunakan PSL, menggunakan tanda kehormatan tertinggi yang dimiliki (bentuk miniatur).

Untuk wanita menggunakan pakaian nasional serta tanda kehormatan tertinggi yang dimiliki (bentuk miniatur).

Kepala Sekretariat Presiden atau Kasetpres Heru Budi Hartono menjelaskan pihaknya mengirim undangan kepada 68 orang untuk menghadiri acara penganugerahan Bintang Mahaputera.

Baca Juga: TB Hasanuddin Sebut Pemberian Bintang Mahaputera untuk Gatot Nurmantyo Tak seperti Biasanya

Dari jumlah tersebut, sebanyak 48 orang mengonfirmasi akan hadir dan mengikuti tes swab yang dilakukan di Istana Kepresidenan.

Adapun tokoh yang akan menerima penghargaan Bintang Mahaputera dari Presiden Jokowi, di antaranya mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat.

Kemudian mantan menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, eks Menteri ESDM Ignasius Jonan, eks Menkoinfo Rudi Antara.

"Pak Gatot Nurmantyo hadir, sudah ambil undangan. Pernyataannya bersedia menerima tanda kehormatan," ujar Heru di Jakarta pada Selasa (10/11/2020).

Baca Juga: Dinilai Berjasa, 4 Personel Polri Ini Dianugerahi Jokowi Bintang Bhayangkara Nararya

Bintang Mahaputera penghargaan sipil tertinggi yang diberikan sesudah Bintang Republik Indonesia. Bintang Mahaputera dibagi menjadi lima kelas yakni, Bintang Mahaputera Adipurna (kelas I), Bintang Mahaputera Adipradana (kelas II), Bintang Mahaputera Utama (kelas III), Bintang Mahaputera Pratama (kelas IV) dan Bintang Mahaputera Nararya (kelas V).

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x