Kompas TV regional berita daerah

Serikat Buruh Patriot Pancasila Laporkan Dugaan Perusakan Spanduk Dukungan Paslon Pilkada ke Bawaslu

Kompas.tv - 10 November 2020, 22:24 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Puluhan perkerja yang tergabung dalam Serikat Buruh Patriot Pancasila (SBPP) mendatangi Kantor Bawaslu Kota Banjarmasin, senin (9/11/2020).

Kedatangan pekerja ini melaporkan dugaan perusakan spanduk yang berisikan dukungan kepada paslon Gubernur dan Wakil Gubernur bersama pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin.

Perusakan terjadi disebagian besar properti spanduk yang dicetak relawan SBPP yang disebar di Kota Banjarmasin, apalagi relawan juga memiliki rekaman video aksi pemotongan spanduk di beberapa titik kecamatan terpasang. 

Baca Juga: Dugaan Pelanggaran Pilkada di Pilgub Kalsel, Tim Kuasa Hukum Petahana Klarifikasi ke Bawaslu

Ketua SBPP Kota Banjarmasin, Damayanti mengaku bahwa sebagai masyarakat yang memiliki hak konstitusi, SBPP menyatakan dukungan kepada pasangan calon Gubernur Sahbirin Noor dan Wakil Gubernur Mudihin bersama pasangan kandidat Walikota Abdul Haris Makkie dan Wakil Walikota Ilham Nor yang sama-sama memiliki nomor urut satu.

Sehingga, bentuk dukungan dinyatakan melalui pencetakkan spanduk dengan konten foto bergandeng. 

“Karena kami murni dari relawan buruh. Jadi mereka membuat desain spanduk gandeng untuk menghemar. Ternyata mungkin ada yang tidak suka dan itu dirusak, semacam digunting dan hilang,” terang Damayanti, Ketua SBPP Banjarmasin. 

“Tadi ada yang melaporkan, properti milik mereka yang disebut spanduk itu ada mereka temukan rusak. Itu jadi laporan mereka hariini,” ujar Komisioner Bawaslu Banjarmasin, Rahmadiansyah.

Baca Juga: Edukasi Cinta Lingkungan, Sampah Bisa Dijadikan Penukar Bahan Pokok

Bawaslu Kota Banjarmasin mengatakan akan menindaklanjuti keluhan para relawan SBPP dan segera melakukan kajian perihal laporan yang masuk.  Jika memenuhi unsur formil dan materil, pihaknya akan segera memasukkannya dalam register pelanggaran pilkada. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x