Kompas TV internasional kompas dunia

Kampung Halaman Menyambut Kemenangan Biden Sebagai Presiden AS

Kompas.tv - 9 November 2020, 05:04 WIB
kampung-halaman-menyambut-kemenangan-biden-sebagai-presiden-as
Seorang warga Ballina, Irlandia, memasang bendera Amerika Serikat di kota tersebut untuk menyambut kemenangan Joe Biden sebagai Presiden AS. Ballina merupakan kota tempat leluhur Biden berasal. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

BALLINA, KOMPAS.TV – Sekitar 200 tahun lalu, kakek buyut Joe Biden meninggalkan sebuah kota di Irlandia, untuk bermigrasi ke Amerika Serikat (AS). Kota itu bernama Ballina, sekitar 235 kilometer dari Dublin. Ballina merupakan kota tempat leluhur Joe Biden berasal.

Kini, Ballina ikut merayakan kemenangan Joe Biden sebagai Presiden AS.

Selama beberapa hari terakhir, banyak pertokoan yang tutup di kota Ballina, karena kebijakan lockdown. Namun demikian, kota ini terlihat semarak karena diselimuti corak bintang dan garis, senada dengan bendera Amerika Serikat.  

Joe Blewitt, sepupu Joe Biden yang berprofesi sebagai insinyur pemanas dan pipa ledeng, mengatakan bahwa kota berpenduduk sekitar 10.000 jiwa itu sangat gembira dengan kemenangan Joe Biden.

Baca Juga: Mantan Presiden Bush: Pemilu 2020 Adil dan Berintegritas

"Sekarang dia akan menjadi Presiden Amerika Serikat, mereka senang, mereka sangat senang," kata Blewitt seperti dilansir dari the Associated Press.

Blewitt sebelumnya pernah ikut diundang ke Gedung Putih pada 2017, ketika Biden dianugerahi Presidential Medal of Freedom dari Presiden Barack Obama. Ia berharap akan kembali diundang ke Gedung Putih saat Biden dilantik menjadi Presiden AS pada Januari mendatang.

Blewitt mengatakan, hingga kini dia dan Biden masih sering melakukan kontak. “Dia teman yang sangat baik. Dia enak untuk diajak bicara," ujarnya.

Blewitt menyebut adanya kemungkinan akan dibangun alun-alun Joe Biden di Ballina. Alun-alun ini mungkin akan mirip dengan yang dibangun di Moneygall, Irlandia, untuk menghormati Barack Obama ketika dia mengunjungi rumah leluhurnya di tenggara negara ini.

Biden terakhir kali mengunjungi Ballina pada Juni 2016. Saat itu merupakan beberapa bulan terakhir ia menjabat sebagai Wakil Presiden AS. Biden sempat berjanji akan kembali mengunjungi Ballina jika dia menang atas Trump.

Baca Juga: Harapan Palestina atas Terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat

Kakek buyut Biden, Edward Blewitt, beremigrasi dari kota Ballina ke AS. Ia merupakan seorang pembuat batu bata dan insinyur yang pernah bekerja untuk membantu memetakan Irlandia. Sepuluh dari 16 kakek buyut Biden juga lahir di Irlandia.

Kemenangan Biden disambut baik oleh Beryl McCrainey Slevin, penduduk asli California yang tinggal di Ballina selama lebih dari 15 tahun.

Ia berharap Biden dapat kembali menyatukan AS setelah dipecah belah oleh Trump selama empat tahun.

"Setelah pemilihan ini, saya berharap kita benar-benar dapat bekerja sama membangun negara ini," katanya.

Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin adalah salah satu pemimpin negara pertama yang memberi selamat kepada Biden atas kemenangannya. Ini merupakan sebuah tanda yang jelas tentang seberapa besar arti kemenangan Biden bagi negara tersebut.

"Joe Biden telah menjadi teman sejati bangsa ini sepanjang hidupnya dan saya berharap dapat bekerja sama dengannya di tahun-tahun mendatang," kata Michael Martin dalam cuitannya di Twitter.

Baca Juga: Ucapan Selamat untuk Joe Biden dari Perdana Menteri Inggris dan Israel

"Saya juga berharap untuk menyambutnya kembali ke kampung halaman, ketika keadaan memungkinkan," tambahnya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x