Kompas TV internasional kompas dunia

Jeo Biden Presiden Tertua, Theodere Roosevelt Termuda dalam Sejarah AS

Kompas.tv - 8 November 2020, 16:51 WIB
jeo-biden-presiden-tertua-theodere-roosevelt-termuda-dalam-sejarah-as
Presiden tertua Amerika Serikat, Joe Biden, dan dua presiden termuda AS Theodere Roosevelt dan JF Kennedy. (Sumber: Istimewa.)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Joe Biden telah dipastikan memenangi Pemilihan Presiden Amerika Serikat atas petahana Donald Trump. Biden mengumpulkan 290 suara elektoral, jauh di atas Trump dengan perolehan 214 suara elektoral.

Dengan terpilihnya atau Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat, menjadikannya sebagai Presiden tertua Amerika Serikat dengan umur 78 tahun saat dilantik tahun depan.

Joseph Robinette Biden, Jr atau Joe Biden, lahir di Scranton, Pennsylvania, 20 November 1942 silam.

Dalam karier politiknya, Joe Biden memulainya saat Presiden Richard Nixon berkuasa di Amerika Serikat. Pada saat itu, Joe Biden mencatatkan dirinya sebagai senator termuda kelima dalam sejarah Amerika.

Bukan kali ini saja Biden mengikuti Pemilihan Presiden Amerika Serikat. Pada Pemilihan Presiden AS tahun 1988 dan 2008, dia pernah mencalonkan diri. Namun di kedua masa itu Biden mengundurkan diri.

Baca Juga: Profil Joe Biden, 3 Dekade Calonkan Diri jadi Presiden AS, Kini Mimpinya Jadi Kenyataan

Pada Pemilihan Presiden AS tahun 2008, Biden merupakan pesaing Barack Obama. Setelah mundur dari pemilihan tersebut, Barack Obama yang memenangi Pemilihan Presiden, merangkulnya untuk menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat.

Tidak hanya satu periode, Biden menjadi Wakil Presiden pendamping Barack Obama di periode berikutnya.

Dengan kemenangan Pemilihan Presiden AS kali ini, Biden juga memiliki catatan tersendiri. Dia merupakan Wakil Presiden non-petahana kedua yang terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat, setelah Richard Nixon pada 1968.

Theodere Roosevelt, Presiden Termuda Sepanjang Sejarah AS



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x